Upaya Guru Dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Ski Siswa Kelas V Di Mi Islamiyah Desa Kebumen Kabupaten Batang

ROHMANIYAH, ZULFATUR (2025) Upaya Guru Dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Ski Siswa Kelas V Di Mi Islamiyah Desa Kebumen Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321042_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (846kB)
[img] Text
2321042_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2321042_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Problematika pembelajaran SKI merupakan suatu permasalahan dalam proses pembelajaran SKI sehingga tidak dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan. Beberapa diantaranya siswa menganggap mata pelajaran SKI materinya terlalu banyak, sulit untuk dipahami dan ilmu yang membosannkan. Apabila permasalahan tersebut jika tidak diatasi dengan benar dan baik oleh guru maka dapat berdampak buruk bagi perkembangan siswa di masa yang akan datang. Oleh karena itu, guru harus memiliki upaya-upaya yang bisa meminimalisir terjadinya berbagai problematika tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menjelaskan apa saja problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas V di MI Islamiyah Desa Kebumen Kabupaten Batang. 2) mendeskripsikan bagaimana upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas V di MI Islamiyah Desa Kebumen Kabupaten Batang. 3) menjelaskan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas V di MI Islamiyah Desa Kebumen Kabupaten Batang . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data (reduction), penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas V di MI Islamiyah Desa kebumen Kabupaten Batang yaitu materi SKI yang terlalu banyak, siswa kurang menyukai pembelajaran SKI, kecerdasan (IQ) siswa yang berbeda-beda, kurangnya minat dan konsentrasi belajar siswa. 2) upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas V di MI Islamiyah Desa Kebumen Kabupaten Batang yaitu menggunakan media pembelajaran berbasis audia visual, menggunakan metode pembelajaran yang variati, memberikan motivasi siswa, menerapkan budaya literasi. 3) faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) siswa kelas V di MI Islamiyah Desa Kebumen Kabupaten Batang, faktor pendukung yaitu tersedianya sarana dan prasarana sedangkan faktor penghambatnya yaitu alokasi waktu yang terbatas mindset siswa terhadap pelajaran SKI.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran SKI, Upaya guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Mar 2025 08:08
Last Modified: 21 Mar 2025 08:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12667

Actions (login required)

View Item View Item