Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (Pmm) Pada Kelas I Di Sdn 01 Gejlig Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan

Fitriyah, Titis (2025) Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (Pmm) Pada Kelas I Di Sdn 01 Gejlig Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321189_bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2321189_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2321189_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Titis Fitriyah. 2025. “Implementasi Pembelajaran Diferensiasi dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Kelas I di SDN 01 Gejlig Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Fatmawati Nur Hasanah, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya problematika pada implementasi pembelajaran diferensiasi dengan pemanfataan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada kelas I di SDN 01 Gejlig. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tahap-tahap, problematika, dan solusi pada implementasi pembelajaran diferensiasi dengan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Fokus rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana tahapan implementasi pembelajaran diferensiasi dengan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada kelas I di SDN 01 Gejlig; (2) Bagaimana problematika pembelajaran diferensiasi dengan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada kelas I di SDN 01 Gejlig; (3) Bagaimana solusi untuk mengatasi problematika yang timbul dalam pembelajaran diferensiasi dengan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada kelas I di SDN 01 Gejlig. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran diferensiasi diimplementasikan oleh guru dengan panduan Platform Merdeka Mengajar (PMM) secara bertahap dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi; (2) Terdapat problematika internal yang berkaitan dengan masalah personal guru dan problematika eksternal berkaitan dengan peserta didik hingga keterbatasan sarana prasarana yang menghambat implementasi pembelajaran diferensiasi dengan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM); (3) Solusi penanganan masalah dilakukan dengan diskusi saat rapat, tutor sebaya, mengikuti berbagai workshop atau pelatihan guru, serta mengusahakan pengadaan dana untuk menyediakan sarana prasarana yang mamadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHasanah, Fatmawati Nur199005282019032014UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Diferensiasi, Platform Merdeka Mengajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Mar 2025 06:09
Last Modified: 22 Mar 2025 05:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12668

Actions (login required)

View Item View Item