Hikmah, Nurul (2025) Implementasi Media Ajar Berbasis Information Communication Technology (Ict) Berbantuan Powerpoint Pada Pembelajaran Ipas Kelas V Di Sd Muhammadiyah 01 Comal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321169 _COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text
2321169 _FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2321169 _LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Hikmah, Nurul. 2025. “Implementasi Media Ajar Berbasis Information Communication Technology (ICT) Berbantuan PowerPoint pada Pembelajaran IPAS Kelas V di SD Muhammadiyah 01 Comal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Alyan Fatwa, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi Media Ajar, Information Communication Technology, PowerPoint, pembelajaran IPAS. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) merupakan mata pelajaran yang menggabungkan nilai ilmu pengetahuan alam dan interaksi antar makhluk hidup termasuk lingkungan sosial. Salah satu tujuan IPAS adalah meningkatkan pengetahuan siswa tentang lingkungan sekitarnya dan dunia serta membekali pengetahuan yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas V di SD Muhammadiyah 01 Comal mengemukakan bahwasannya muncul permasalahan pada pelaksanaan pembelajaran IPAS. Salah satu permasalahan tersebut adalah adanya pembahasan materi pembelajaran yang berisikan cerita masa lampau atau sejarah hingga masa kini yang menyebabkan materi tersebut kurang menarik dan kurang diminati oleh peserta didik. Selain itu, kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas seringkali berhadapan dengan materi yang abstrak dan di luar pengalaman sehari-hari peserta didik, sehingga materi tersebut lebih sukar untuk diajarkan oleh guru dan lebih sulit dipahami peserta didik. Upaya dari permasalahan tersebut, guru kelas V di SD Muhammadiyah 01 Comal adalah meningkatkan pengelolaan kelas dengan menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan, serta mencipakan kreatifitas dalam penyajian materi ajar melalui media ajar berbasis information communication technology (ICT) berbantuan PowerPoint. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana guru kelas V di SD Muhammadiyah 01 Comal dalam menerapkan media ajar berbasis ICT berbantuan PowerPoint pada pembelajaran IPAS. Sehingga, tulisan ini peneliti mengambil judul “Implementasi Media Ajar Berbasis Information Communication Technology (ICT) Berbantuan PowerPoint Pada Pembelajaran IPAS Kelas V di SD Muhammadiyah 01 Comal” Berdasarkan dari latar belakang permasalahan di atas, maka dapat dirumuskan masalah, meliputi: 1) Bagaimana implementasi media ajar berbasis ICT berbantuan PowerPoint pada pembelajaran IPAS kelas V vii di SD Muhammadiyah 01 Comal. 2) Apa saja faktor pendukung serta penghambat dalam implementasi media ajar berbasis ICT berbantuan PowerPoint pada pembelajaran IPAS kelas V di SD Muhammadiyah 01 Comal. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan bagaimana implementasi media ajar berbasis Information Communication Technology (ICT) berbantuan PowerPoint pada pembelajaran IPAS kelas V di SD Muhammadiyah 01 Comal. 2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi media ajar berbasis Information Communication Technology (ICT) berbantuan PowerPoint pada pembelajaran IPAS kelas V di SD Muhammadiyah 01 Comal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer ini adalah kepala sekolah SD Muhammadiyah 01 Comal, guru kelas V A, peserta didik kelas V A. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari jurnal, buku-buku dan laporan dari penelitian lain yang mendukung. Data yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan peneliti menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber. Kemudian, dianalisis menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi media ajar berbasis Information Communication Technology (ICT) berbantuan PowerPoint pada pembelajaran IPAS kelas V di SD Muhammadiyah 01 Comal berjalan dengan empat tahapan, meliputi: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengawasan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. 2) faktor pendukung yang memperlancar implementasi media ajar berbasis Information Communication Technology (ICT) berbantuan PowerPoint pada pembelajaran IPAS kelas V di SD Muhammadiyah 01 Comal adalah kondisi sarana dan prasarana yang terkait teknologi, seperti laptop, LCD/Proyektor, dan jaringan internet sudah terpenuhi, tempat belajar yang nyaman, sumber daya manusia yang mampu menguasai materi dan menggunakan teknologi, dan pelatihan/penyuluhan bagi pendidik. 3) faktor penghambat yang dialami pendidik selama implementasi media ajar berbasis Information Communication Technology (ICT) berbantuan PowerPoint pada pembelajaran IPAS kelas V di SD Muhammadiyah 01 Comal, meliputi: tidak tersedianya penutup candela/gorden di ruang belajar sehingga cahaya yang masuk dari luar terlalu tinggi, perasaan peserta didik yang berubah-ubah, serta keliru dalam pemilihan warna dan ukuran font.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Media Ajar, Information Communication Technology, PowerPoint, pembelajaran IPAS. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:27 | ||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:27 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |