Pengaruh Reputasi Perusahaan, Keamanan, Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Layanan Gadai Di Unit Pegadaian Syariah Sumurpanggang Tegal

Sulistiani, Sulistiani (2025) Pengaruh Reputasi Perusahaan, Keamanan, Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Layanan Gadai Di Unit Pegadaian Syariah Sumurpanggang Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4120035_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4120035_Full Text.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK SULISTIANI. Pengaruh Reputasi Perusahaan, Keamanan, Dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Layanan Gadai Di Unit Pegadaian Syariah Sumurpanggang Tegal. Unit Pegadaian Syariah memiliki peran penting dalam memberikan solusi keuangan berbasis syariah kepada masyarakat. Salah satu layanan unggulannya adalah gadai syariah, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat dengan prinsip keadilan dan transparansi. Keputusan nasabah untuk menggunakan layanan gadai syariah dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya reputasi perusahaan, keamanan transaksi, dan tingkat kepercayaan terhadap layanan yang diberikan. Dalam konteks Unit Pegadaian Syariah Sumurpanggang Tegal, penting untuk menganalisis sejauh mana faktor-faktor tersebut memengaruhi keputusan nasabah, baik secara individu maupun secara bersama-sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan reputasi perusahaan, keamanan, dan kepercayaan nasabah terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan layanan gadai di Unit Pegadaian Syariah Sumurpanggang Tegal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 98 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis Regresi Linear Berganda dengan bantuan software Eviews 10. Hasil uji hipotesis pengaruh parsial menunjukkan: Pertama, variabel reputasi perusahaan didapati tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Kedua, variabel keamanan didapati berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Ketiga, variabel kepercayaan nasabah didapati berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Sedangkan hasil uji hipotesis pengaruh simultan menunjukkan: variabel reputasi perusahaan, keamanan, dan kepercayaan nasabah bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Kata Kunci : Reputasi Perusahaan, Keamanan, Kepercyaan Nasabah, Keputusan Nasabah.   ABSTRACT SULISTIANI. The Influence of Company Reputation, Security, and Customer Trust on Customer Decisions to Use Pawn Services at the Sumurpanggang Tegal Sharia Pawnshop Unit. The Pegadaian Syariah unit has an important role in providing sharia-based financial solutions to the community. One of its flagship services is sharia pawn, which is designed to meet the financial needs of the community with the principles of fairness and transparency. Customers' decisions to use Islamic pawn services are influenced by various factors, including company reputation, transaction security, and the level of trust in the services provided. In the context of the Tegal Sumurpanggang Syariah Pawnshop Unit, it is important to analyze the extent to which these factors influence customer decisions, both individually and collectively. This study aims to determine the partial and simultaneous effects of company reputation, security, and customer trust on customer decisions in using pawn services at the Pawnshop Unit Syariah Sumurpanggang Tegal. This research is a type of quantitative research. The data collection method in this study was a questionnaire method using a sample of 98 respondents. Sampling technique with accidental sampling method. This study uses the Multiple Linear Regression analysis method with the help of Eviews 10 software. The results of the partial influence hypothesis test show: First, the company reputation variable is found to have no significant effect on customer decisions. Second, the security variable is found to have a significant effect on customer decisions. Third, the customer trust variable is found to have a significant effect on customer decisions. While the results of the simultaneous influence hypothesis test show: the variables of company reputation, security, and customer trust together have a significant effect on customer decisions. Keywords: Company Reputation, Security, Customer Trust, Customer Decisions.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Reputasi Perusahaan, Keamanan, Kepercyaan Nasabah, Keputusan Nasabah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 21 Mar 2025 06:56
Last Modified: 21 Mar 2025 06:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12677

Actions (login required)

View Item View Item