Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPAS Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD N 02 Pekiringanageng Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan

Najah, Syafi Natun (2024) Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPAS Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD N 02 Pekiringanageng Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
23211108_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (823kB)
[img] Text
2321008_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2321008_Lampiran.pdf

Download (984kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Syafi Natun Najah. 2025, 2321008, Pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPAS guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD N 02 Pekiringanageng, Kecamatan Kajen,Kabupaten Pekalongan, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing : Rhisha Assabet Shilla, M.Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan Lingkungan, Sumber Belajar, Motivasi Belajar, IPAS, Sekolah Dasar. Penggunaan lingkungan sekitar yang berada didalam ataupun diluar sekolah, yang sengaja direncanakan untuk kegiatan pembelajaran dapat menambah produktivitas pembelajaran. Peningkatan produktivitas yang dapat dilihat dari sumber belajar yang tepat ialah dapat meningkatan perkembangan motivasi dan wawasan siswa tentang materi pelajaran. Penataan sumber belajar yang menyajikan informasi lebih konkrit akan lebih mempermudah siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Rumusan masalah pada penelitian ini tentang Bagaimana proses penerapan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPAS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD N 02 Pekiringanageng Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan ?, Bagaimana dampak pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPAS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD N 02 Pekiringanageng Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPAS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD N 02 Pekiringanageng Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan, untuk mengetahui dampak pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPAS untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD N 02 Pekiringanageng Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mennjukkan bahwa proses pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPAS dimulai dengan perencanaan, dimana sekolah tersebut melakukan perencanaan pada proses pembelajaran. Kedua pelaksanaan, setelah melakukan perencanaan, pendidik melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekolah. Yang terakhir evaluasi, setelah dilakukannya proses pembelajaran, seorang guru akan melakukan evaluasi secara terstruktur baik secara formatif maupun sumatif. Dampak dari pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar berupa materi IPAS yang mudah dipahami siswa kelas 4, dapat menambah motivasi berupa memiliki semangat yang tinggi saat mengikuti pembelajaran, kemudian dapat menciptakan perilaku mandiri siswa, dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan yang lebih luas, dan yang terakhir siswa dapat lebih mencintai lingkungan alam sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorShilla, Rhischa AssabetUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Lingkungan, Sumber Belajar, Motivasi Belajar, IPAS, Sekolah Dasar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Mar 2025 06:35
Last Modified: 21 Mar 2025 06:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12696

Actions (login required)

View Item View Item