Majid, Syifa Iqtisodiyah (2025) Peran Pengajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Upaya Menyiapkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer Peserta Didik Kelas V Di Sd N Rowolaku Kajen. Masters thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongab.
![]() |
Text
2321036_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2321036_full text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2321036_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan kebijakan evaluasi pendidikan yang bertujuan untuk mengukur kompetensi siswa dalam literasi membaca, numerasi, serta survei karakter dan lingkungan belajar. Implementasi ANBK di tingkat sekolah dasar, khususnya kelas V, memerlukan kesiapan yang matang, baik dari sisi siswa, guru, maupun infrastruktur sekolah. Dalam konteks ini, guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memiliki peran strategis dalam memastikan kesiapan siswa menghadapi ANBK, terutama dalam aspek penguasaan teknologi, pemahaman sistem ujian berbasis komputer, serta peningkatan kepercayaan diri siswa dalam mengerjakan asesmen secara daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara mendalam dengan guru TIK dan siswa, serta dokumentasi terkait pelaksanaan persiapan ANBK di SD Negeri Rowolaku Kajen. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kredibilitas data dijaga dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru TIK berperan sebagai fasilitator dalam pengenalan perangkat komputer, pembimbing dalam latihan soal berbasis digital, serta motivator dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa terhadap ujian berbasis komputer. Selain itu, guru TIK juga memiliki peran sebagai penghubung antara sekolah, orang tua, dan siswa dalam memberikan pemahaman terkait teknis pelaksanaan ANBK. Meskipun demikian, penelitian ini menemukan beberapa kendala dalam pelaksanaan persiapan ANBK, di antaranya keterbatasan perangkat komputer, kurangnya literasi digital pada sebagian siswa, serta kendala teknis seperti jaringan internet yang belum stabil. Sebagai upaya untuk mengoptimalkan peran guru TIK dalam mempersiapkan ANBK, diperlukan strategi yang lebih terstruktur, seperti peningkatan pelatihan berbasis teknologi bagi siswa, pengadaan perangkat yang memadai, serta kolaborasi dengan pihak terkait untuk meningkatkan kesiapan infrastruktur sekolah. Dengan demikian, persiapan ANBK dapat berjalan lebih efektif dan hasil asesmen dapat mencerminkan kemampuan siswa secara lebih optimal.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Teknologi Informasi dan Komunikasi, ANBK | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Syifa Iqtisodiyah Majid | ||||||||
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:07 | ||||||||
Last Modified: | 21 Mar 2025 08:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |