Khadijah, Fairuza (2025) Reinterpretasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Budi Pekerti Karya Wregas Bhanuteja. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321136_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
2321136_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) |
![]() |
Text
19 LAMPIRAN(2).pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu landasan pembangunan karakter bangsa yang pelaksanaannya harus selaras dengan strategi lainnya. Pendidikan karakter melalui media film Budi Pekerti, diharapkan dapat memberikan kontribusi atau menjadi mitra bagi orang tua dan tenaga pendidik dalam penanaman nilai-nilai karakter pada anak. Dengan adanya penilaian dari masyarakat bahwa film Budi Pekerti merupakan film yang edukatif sehingga akan membantu proses penanaman karakter tanpa disadari. Berdasarkan latar belakang tersebut, terdapat dua tujuan dari pada penelitian ini yaitu (1) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Budi Pekerti? (2) Bagaimana reinterpretasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Budi Pekerti? Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (Library Research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan teknik simak dan catat. Serta Teknik analisis data yang digunakan yaitu Conten Analysis. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa film Budi Pekerti mengandung beberapa nilai-nilai Pendidikan karakter yaitu nilai jujur, nilai toleran, nilai disiplin, nilai bekerja keras, nilai kreatif, nilai mandiri dan bertanggung jawab, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai menghargai prestasi, nilai komunikatif, dan nilai peduli sosial. Dan reinterpretasi dalam film Budi Pekerti menyoroti kompleksitas moral dalam kehidupan nyata, film ini memberikan gambaran tentang bagaimana karakter seseorang tidak hanya terbentuk di dalam lingkungan pendidikan formal, tetapi juga dipengaruhi oleh dinamika sosial, media, dan budaya. Dengan demikian, film ini memberikan pesan yang kuat tentang perlunya membangun karakter yang kokoh dalam menghadapi perubahan sosial yang cepat, terutama di era digital di mana persepsi publik dapat dengan mudah memengaruhi kehidupan seseorang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Nilai, Pendidikan Karakter, Film. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2025 01:25 | ||||||||
Last Modified: | 24 Mar 2025 01:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |