Implementasi Pendidikan Karakter Kewirausahaan Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatann Market Day Di SDIT Bina Insan Mulia Sidorejo Pemalang

Aulia, Nur Khofifah (2025) Implementasi Pendidikan Karakter Kewirausahaan Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatann Market Day Di SDIT Bina Insan Mulia Sidorejo Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321184 _Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321184 _Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Munculnya arus globalisasi yang deras membawa pengaruh buruk bagi generasi muda, terutama peserta didik. Pendidikan karekter sebagai solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah ini. Nilai-nilai karakter dapat ditanamkan melalui kegiatan kewirausahaan. Pada tingkat SD/MI kegiatan kewirausahaan dapat diimplementasikan melalui projek market day. Market day salah satu dari projek penguatan profil pelajar pancasila yang mana dalam kegiatannya melibatkan seluruh peserta didik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter kewirausahaan dalam P5 melalui kegiatan market day di SDIT Bina Insan Mulia Sidorejo Pemalang serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter kewirausahaan dalam P5 melalui kegiatan market day di SDIT BIM Sidorejo Pemalang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif deskriptif interpretative, bahwa data diperoleh melalui kata-kata, gambar, dan perilaku, bukan angka atau bilangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Oleh karena itu, dalam analisis peneliti menggunakan empat langkah utama dalam penelitian ini yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, implementasi pendidikan karakter kewirausahaan dalam P5 melalui kegiatan market day di SDIT BIM Sidorejo Pemalang terdiri dari tiga tahap: (1) perencanaan meliputi: rapat kepala sekolah dengan bidang pendidikan, menentukan tema, merencanakan produk, waktu dalam perencanaan produk, dan melakukan sosialisasi dengan orang tua. (2) pelaksanaan meliputi: menyiapkan stand market day, tahap promosi produk, dan kerja sama antar anggota kelompok. (3) evaluasi meliputi: evaluasi dari pendamping, evaluasi diri, evaluasi antar teman, dan evaluasi dari pembeli. Kedua, faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter kewirausahaan dalam P5 melalui kegiatan market day di SDIT BIM Sidorejo Pemalang. (a) faktor pendukung meliputi: semangat peserta didik, motivasi dari guru, dan orang tua. (b) faktor penghambat meliputi: keterbatasan waktu, keterbatasan sarana dan prasarana, kesulitan dalam pengembalian uang, faktor pendamping, dan bahan baku.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Kewirausahaan, P5, Market Day
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Mar 2025 01:19
Last Modified: 24 Mar 2025 01:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12748

Actions (login required)

View Item View Item