Analisis Kesalahan Fonologis Bahasa Jawa Pada Penulisan Peserta Didik Materi Merangkum Cerita Rakyat Kelas V Utsman SD Al Irsyad Pemalang

Aliya, Rif’a Himmatul (2025) Analisis Kesalahan Fonologis Bahasa Jawa Pada Penulisan Peserta Didik Materi Merangkum Cerita Rakyat Kelas V Utsman SD Al Irsyad Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321178_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (383kB)
[img] Text
2321178_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19 LAMPIRAN(2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bahasa jawa termasuk bahasa yang paling banyak digunakan di negara Indonesia, yang berfungsi sebagai pembeda atau ciri khas dari daerah lain. Budaya yang semakin maju berdampak pada budaya dalam negeri, dikarenakan lebih mudah untuk dipahami dan dipelajari. Pembelajaran Bahasa jawa semakin berkembang seiring bergantinya presiden, dari mulai metode pembelajaran dan media pembelajaran. Namun, di SD Al-Irsyad ditemukan adanya beberapa kesalahan penulisan kosa kata bahasa jawa yang menyebabkan adanya frekuensi kesalahan fonologi yang cukup tinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesalahan fonologis Bahasa Jawa pada rangkuman cerita rakyat peserta didik kelas V Utsman SD AL-Irsyad Pemalang, dengan tujuan mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesalahan penulisan Bahasa Jawa (fonologi) yang terdapat pada rangkuman peserta didik kelas lima Utsman SD AL-Irsyad Pemalang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, observasi dan teknik catat. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah tulisan peserta didik, sumber sekunder dari penelitian ini adalah jurnal yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan adanya beberapa jenis kesalahan penulisan yang berupa kesalahan penulisan fonem vokal dengan frekuensi kesalahan 11 kali, kesalahan penulisan fonem konsonan dengan frekuensi kesalahan 4 kali, kesalahan penulisan penambahan fonem dengan frekuensi kesalahan 10 kali, dan kesalahan penulisan pengurangan fonem dengan frekuensi kesalahan 16 kali. Kesalahan penulisan fonem vokal /a/ ditulis /o/, /o/ ditulis/e/, /u/ ditulis/o/ dan /u/ ditulis /e/. Kesalahan penulisan fonem konsonan /b/ ditulis /h/, dan kesalahan penulisan /b/ ditulis /m/. Kesalahan penulisan penambahan fonem /e/,/m/,/y/,/k/,/h/ dan pengurangan fonem/a/,/g/, /y/, /w/,/n/,/m/,/ dan /ng/.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrabowo, Dimas SetiajiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Fonologi, Bahasa Jawa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Mar 2025 07:04
Last Modified: 24 Mar 2025 07:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12822

Actions (login required)

View Item View Item