Nafisah, Zakiyatun (2025) Upaya Guru Sebagai Motivator Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Baca Tulis Huruf Al- Qur’an (Btha) Kelas 6 Sd Islam Ypi Buaran Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2320084_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2320084_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2320084_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Nafisah, Zakiyatun. 2025. Upaya guru sebagai Motivator dalam Mengembangkan Minat belajar Siswa pada Mata Pelajaran Baca Tulis Huruf Al-Qur’an (BTHA) kelas 6 SD Islam YPI Buaran Kota Pekalongan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing M. Mujib Hidayat, M.Pd. Kata kunci : Guru motivator, Minat belajar, BTHA. Minat belajar peserta didik yang kurang dapat menghambat tercapainya pembelajaran Baca Tulis Huruf Al-Qur’an (BTHA). Mata pembelajaran BTHA ialah Pelajaran krusial di dalam Pendidikan agama islam namun, banyak siswa kurang memiliki minat belajar pada mata Pelajaran ini diakibatkan bermacam aspek, termasuk kurangnya suatu motivasi dari guru yang mengajar pada mata Pelajaran ini, dan kurangnya keinginan beajar dari peserta didik terhadap Pelajaran BTHA. Kompetensi membaca Al-Qur’an pada kalangan SD Islam YPI Buaran sudah bagus namun ada beberapa siswa di kelas 6 yang menjadi problem dalam pembelajaran BTHA. Diperlukan suatu motivasi seorang pendidik beserta Upaya-upaya untuk mengembangkan minat belajar peserta didik di dalam belajar Al-Qur’an, oleh karena itu peneliti tertarik untuk melaksanakan penelitian pada SD Islam YPI Buaran di kelas 6 sebagai persiapan untuk kedepanya supaya lebih baik lagi di dalam pemahaman materi baca tulis huruf Al-Qur’an. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana Minat belajar peserta didik kelas 6 pada pembelajaran baca tulis huruf Al-Qur’an (BTHA) di SD Islam YPI Buaran dan bagaimana Upaya guru sebagai Motivator dalam mengembangkan Minat belajar siswa pada pembelajaran baca tulis huruf Al-Qur’an (BTHA) di kelas 6 SD Islam YPI Buaran Kota Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Minat belajar peserta didik pada pembelajaran baca tulis huruf Al-Qur’an (BTHA) di kelas 6 dan Mendeskripsikan Upaya guru sebagai Motivator dalam mengembangkan Minat belajar siswa pada pembelajaran baca tulis huruf Al-Qur’an (BTHA) di kelas 6 SD Islam YPI Buaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif yang beralokasi di SD Islam YPI Buaran Kota Pekalongan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran baca tulis huruf Al-Qur’an (BTHA) dan Siswa kelas 6 SD Islam YPI Buaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, Observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan melalui reduksi data (data reduction), penyusunan data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Minat belajar peserta didik kelas 6 pada Pembelajaran BTHA Sudah baik, namun masih ada beberapa diantaranya yang minat dan motivasi kurang dalam pembelajaran baca tulis huruf Al-Qur’an, diantaranya 9 siswi (Perempuan) memiliki minat belajar terhadap BTHA baik sudah bagus dalam memahami materi BTHA, namun 3 siswa (laki-laki) harus lebih ditingkatkan lagi dalam pembelajaranya. Kedua, Upaya-upaya motivasi yang dilakukan oleh seorang guru kepada peserta didik mata Pelajaran baca tulis huruf Al-Qur’an (BTHA) dengan menerapkan indikatorindikator berikut: 1). melalui memberikan motivasi belajar, 2). dengan menggunakan pendekatan peserta didik, 3). menjalin Kerjasama antara guru dan orang tua, dan 4). membiasakan untuk selalu membaca AlQur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Guru motivator, Minat belajar, BTHA. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2025 07:41 | ||||||||
Last Modified: | 24 Mar 2025 07:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |