Persaingan Bisnis Pakaian Batik Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Balai Kota Lama Tegal)

SUKMA ARIFIYANI, TIYA (2021) Persaingan Bisnis Pakaian Batik Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Balai Kota Lama Tegal). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

[img] Text
2013115279 - Bab1&5.pdf

Download (887kB)
[img] Text
2013115279 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

TIYA SUKM A ARIFIYANI. Persaingan Bisnis Pakaian Batik Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pasar Minggu Balai Kota Lama Tegal) 2021, Hj Rinda Asytuti M.S.i Persaingan merupakansebuah proses mengenaicara untuk merebut sebagian dari pasar yang bertujuanmendapatkan hasil usaha yang maksimal. Dalam hal persaingan, aspek waktu, tempat dan pelaku pesaing tidak dianggap. Gejolak yang ada di pasar ditujukkan dari proses• proses persaingan.Tampaknya bisniserat kaitannya dengankegiatan persaingan. Islam sangat menganjurkan untuk mencari berkah dari setiap kebaikan. Salah satu hal yang perlu di perhatikan adalah tentang persaingan bisnis sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pelakunya. Islam telah menetapkan aturan yang mencakup permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan praktik persaingan buruk secara rinci. Pasar disalah satu perbelanjaan di Kota Tegal rentan terjadinya persaingan, hal tersebutdikarenakan banyaknya pedagang yang menjual barang dagangan dengan jenis yang sama, salah satunya adalah Pasar minggu Balai Kota lama Tegal. Yang mana pasartersebut merupakan pasar dadakan yang hanya akan ada setiap hari minggu pagi, disana banyak pedangang yang menjual berbagai macam fashion baju anak-anak sampai dewasa dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Namun yang menunjukan persaingan cukup ketat yaitu bisnis pakaian batik, disana banyak sekali penjual <laster batik Pekalongan entah dari mana asal pedagang namun mereka membawa produk jualan yang sama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. 1.Bagaimana Kondisi Persaingan Bisnis Pakaian Batik di Pasar Minggu Balai Kota Lama Tegal 2.Bagaimana Persaingan Bisnis Pakaian Batik Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam. Metode yang digunakan penelitian ini adalah lapangan (Field Research), penelitian lapangan adalah kegiatan pencarian data yang diperoleh dari studi lapangan dengan cara mengamati, mencatat dan mengumpulkan berbagai data yang dikumpulkan dilapangan melalui studi kasus dan survey. Melalui penetilitan yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persaingan bisnis yang terjadi di Pasar Minggu Balai Kota Lama Tegal adalah meliputi persaingan tempat, harga, barang dagangan dan persaingan pelayanan, kemudian persaingan yang terjadi sebagian sudah sesuai dengan Etika Bisnis Islam, terbukti dengan aktivitas-aktivitas persaingan hanya sebagian pedangang yang belum tahu cara beretika dalam berjualan. Kata Kuci : Persaingan Bisnis, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAsytuti, RindaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persaingan Bisnis, Etika Bisnis Islam
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.01 Factors of Production/Faktor Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:54
Last Modified: 21 Aug 2025 04:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12987

Actions (login required)

View Item View Item