Pengaruh Peer Influence, Lifestyle, Dan Use Of Instagram Social Media Terhadap Consumptive Behavior (Studi Konsumen Tanda Tanya Coffee Kota Pekalongan)

MELINDA, FEBRI (2020) Pengaruh Peer Influence, Lifestyle, Dan Use Of Instagram Social Media Terhadap Consumptive Behavior (Studi Konsumen Tanda Tanya Coffee Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

[img] Text
2013115493 - Bab1&5.pdf

Download (393kB)
[img] Text
2013115493 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Maraknya kemunculan tempat ngopi di pusat keramaian kota bahkan di sekitar jalan dekat dengan kawasan penduduk, menjadi destinasi kawula muda masa kini. Hal tersebut memberi dampak kepada beberapa peer influence (kelompok teman sebaya), terhadap habbits (kebiasaan) perilaku konsumtif pada kesehariannya. Sekelompok peer influence memanfaatkan tempat ngopi sebagai wadah berkumpul bersama teman-teman, ajang panjat sosial di sejumlah akun sosial media pribadi, maupun tempat untuk melakukan rapat dan menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Tanda Tanya Coffee merupakan usaha beverage yang menginovasikan cita rasa kopi dengan perpaduan bahan-bahan lainnya, selain itu Tanda Tanya Coffee juga mengangkat tema minuman ala Luar Negeri yang bergengsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji pengaruh peer influence, lifestyle dan use of Instagram social media terhadap consumptive behavior konsumen Tanda Tanya Coffee Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan menggunakan Software SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peer influence, lifestyle dan use of Instagram social media berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap consumptive behavior konsumen Tanda Tanya Coffee Kota Pekalongan. Berdasarkan Uji F, peer influence, lifestyle dan use of Instagram social media secara simultan berpengaruh terhadap consumptive behavior konsumen Tanda Tanya Coffee Kota Pekalongan. Besarnya pengaruh variable independent terhadap variable dependen sebesar 32,6%, sedangkan 67,4% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dijelaskan di dalam penelitian ini. Kata Kunci : Peer Influence, Lifestyle, Use of Instagram Social Media dan Consumptive Behavior.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFakhrina, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peer Influence, Lifestyle, Use of Instagram Social Media dan Consumptive Behavior.
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:54
Last Modified: 21 Aug 2025 04:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12994

Actions (login required)

View Item View Item