Pengaruh Service Motive, Mekanisme Harga, Persaingan Usaha, dan Tingkat Religiusitas terhadap Etika Bisnis Islam Pedagang (Studi Kasus pada Pedagang di Pasar Comal Pemalang)

ASTUTI, TRI PUJI (2021) Pengaruh Service Motive, Mekanisme Harga, Persaingan Usaha, dan Tingkat Religiusitas terhadap Etika Bisnis Islam Pedagang (Studi Kasus pada Pedagang di Pasar Comal Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
5217052 - Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5217052 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
5217052 - Lampiran.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Peran pasar bukan hanya sebagai tempat untuk aktifitas jual beli saja tetapi juga dilihat dari aturan maupun norma dan masalah yang berhubungan di dalam pasar. Untuk menghindari terjadinya masalah atau penyimpangan-penyimpangan di dalam pasar maka setiap pedagang perlu menerapkan prinsip etika bisnis Islam. Penelitian ini dibahas untuk melihat pengaruh service motive, mekanisme harga, persaingan usaha, dan tingkat religiusitas terhadap etika bisnis Islam pedagang di pasar Comal Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari service motive, mekanisme harga, persaingan usaha, dan tingkat religiusitas terhadap etika bisnis Islam pedagang di pasar Comal Pemalang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 80 orang. Teknik pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel service motive dan tingkat religiusitas yang berpengaruh signifikan terhadap etika bisnis Islam sedangkan variabel mekanisme harga dan persaingan usaha tidak berpengaruh signifikan terhadap etika bisnis Islam. Kemudian secara simultan, service motive, mekanisme harga, persaingan usaha, dan tingkat religiusitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArwani, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Service Motive, Mekanisme Harga, Persaingan Usaha, Tingkat Religiusitas, Etika Bisnis Islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 27 Mar 2025 03:59
Last Modified: 27 Mar 2025 03:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13092

Actions (login required)

View Item View Item