Laila, Hilda Sofiatul (2025) Pengaruh Pemahaman Etika Bisnis Islam, Dan Religiositas Terhadap Perilaku Pedagang (Studi Pada Pedagang Pakaian Di Pasar Doro Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
![]() |
Text
4118065_HILDA SOFIATUL LAILA_COVER-BAB I-BAB V-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
4118065_HILDA SOFIATUL LAILA_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
![]() |
Text
4118065_HILDA SOFIATUL LAILA_LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kegiatan bisnis tidak dapat dipisahkan dari etika dan nilai-nilai moralitas. Jika dilihat dari fenomena yang ada, banyak dijumpai pedagang yang bersikap amoral di tengah persaingannya. Sikap ini jelas bertentangan dengan ajaran Islam yang menekankan konsep manfaat yang lebih luas pada setiap kegiatan ekonomi, menjunjung tinggi asas-asas keadilan, serta etika dan norma hukum dalam kegiatan ekonomi. Untuk menjadikan bisnis menjadi kegiatan usaha yang baik maka aturan-aturan bisnis harus dilakukan agar bisnis berjalan dengan baik dan tidak merugikan orang lain. Penelitian ini bertujuan menguji Pengaruh Pemahaman Etika Bisnis Islam dan Religiositas terhadap Perilaku Pedagang Pakaian di Pasar Doro Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua pedagang pakaian di Pasar Doro Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 79 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung ke responden. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman etika bisnis Islam berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung-3,425> ttabel1,992. Religiositas berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 5,684> ttabel1,992. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel pemahaman etika bisnis Islam dan variabel religiositas berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel perilaku pedagang yang mampu mempengaruhi 55% dan untuk sisanya 45% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Etika Bisnis Islam, Religiositas, dan Perilaku Pedagang | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2025 06:25 | ||||||||
Last Modified: | 27 Mar 2025 06:25 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13102 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |