Pengaruh Pemahaman Etika Bisnis Islam, Dan Religiositas Terhadap Perilaku Pedagang (Studi Pada Pedagang Pakaian Di Pasar Doro Kabupaten Pekalongan)

Laila, Hilda Sofiatul (2025) Pengaruh Pemahaman Etika Bisnis Islam, Dan Religiositas Terhadap Perilaku Pedagang (Studi Pada Pedagang Pakaian Di Pasar Doro Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
4118065_HILDA SOFIATUL LAILA_COVER-BAB I-BAB V-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6MB)
[img] Text
4118065_HILDA SOFIATUL LAILA_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text
4118065_HILDA SOFIATUL LAILA_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kegiatan bisnis tidak dapat dipisahkan dari etika dan nilai-nilai moralitas. Jika dilihat dari fenomena yang ada, banyak dijumpai pedagang yang bersikap amoral di tengah persaingannya. Sikap ini jelas bertentangan dengan ajaran Islam yang menekankan konsep manfaat yang lebih luas pada setiap kegiatan ekonomi, menjunjung tinggi asas-asas keadilan, serta etika dan norma hukum dalam kegiatan ekonomi. Untuk menjadikan bisnis menjadi kegiatan usaha yang baik maka aturan-aturan bisnis harus dilakukan agar bisnis berjalan dengan baik dan tidak merugikan orang lain. Penelitian ini bertujuan menguji Pengaruh Pemahaman Etika Bisnis Islam dan Religiositas terhadap Perilaku Pedagang Pakaian di Pasar Doro Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah semua pedagang pakaian di Pasar Doro Pekalongan. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 79 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan langsung ke responden. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman etika bisnis Islam berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung-3,425> ttabel1,992. Religiositas berpengaruh signifikan terhadap perilaku pedagang. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung 5,684> ttabel1,992. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel pemahaman etika bisnis Islam dan variabel religiositas berpengaruh signifikan dan positif terhadap variabel perilaku pedagang yang mampu mempengaruhi 55% dan untuk sisanya 45% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGunawan, AdeUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Etika Bisnis Islam, Religiositas, dan Perilaku Pedagang
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 27 Mar 2025 06:25
Last Modified: 27 Mar 2025 06:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13102

Actions (login required)

View Item View Item