Hantoro, Nindyo (2025) Peran Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah (Jibas) Dalam Mewujudkan Total Quality Management (Tqm) Di Lembaga Pendidikan Dasar (Studi Kasus Di Mi Muhammadiyah Kauman Wiradesa). Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
50322007_COVER_BAB I DAN BAB VII.pdf Download (994kB) |
![]() |
Text
50322007_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
50322007_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji peran Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah (JIBAS) dalam mewujudkan Total Quality Management (TQM) di lembaga pendidikan dasar, dengan fokus studi kasus di MI Muhammadiyah Kauman Wiradesa. Dengan mempertimbangkan pentingnya TQM sebagai pendekatan manajerial yang berfokus pada peningkatan kualitas secara menyeluruh dalam konteks pendidikan, pemilihan judul ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang mendalam. MI Muhammadiyah Kauman Wiradesa dipilih sebagai lokasi studi kasus untuk menggali tantangan dan keberhasilan dalam implementasi JIBAS dan TQM di lembaga pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan field research, yang melibatkan wawancara, observasi, dan analisis dokumen untuk mengumpulkan data. JIBAS memiliki lima modul yang dirancang untuk mendukung berbagai aspek manajemen sekolah. Namun, MIM Kauman Wiradesa hanya memanfaatkan dua fitur, yaitu modul keuangan dan modul utilitas (perpustakaan). Penelitian ini menemukan bahwa meskipun MIM Kauman tidak melakukan kolaborasi dengan madrasah lain, penggunaan modul keuangan membantu dalam pengelolaan anggaran dan transparansi keuangan, sedangkan modul utilitas berkontribusi pada pengelolaan perpustakaan yang lebih efisien dan aksesibilitas informasi bagi siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan JIBAS, meskipun terbatas pada dua modul, memberikan dampak positif terhadap implementasi TQM di MIM Kauman Wiradesa. Penggunaan sistem informasi ini meningkatkan akuntabilitas, efisiensi, dan kualitas layanan pendidikan. Namun, penelitian juga mengidentifikasi perlunya pengembangan lebih lanjut dalam memanfaatkan seluruh fitur JIBAS dan menjalin kolaborasi dengan madrasah lain untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa JIBAS memiliki peran penting dalam mendukung TQM di MIM Kauman Wiradesa, meskipun dengan pemanfaatan yang terbatas. Rekomendasi diberikan untuk memperluas penggunaan modul JIBAS dan meningkatkan kerjasama antar sekolah dalam rangka mencapai tujuan kualitas pendidikan yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | jaringan informasi, mutu layanan, madrasah ibtidaiyah. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Apr 2025 06:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Apr 2025 06:20 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13123 |
Available Versions of this Item
-
Peran Jaringan Informasi Bersama Antar
Sekolah (Jibas) Dalam Mewujudkan Total
Quality Management (Tqm)
Di Lembaga Pendidikan Dasar
(Studi Kasus Di Mi Muhammadiyah
Kauman Wiradesa). (deposited UNSPECIFIED)
- Peran Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah (Jibas) Dalam Mewujudkan Total Quality Management (Tqm) Di Lembaga Pendidikan Dasar (Studi Kasus Di Mi Muhammadiyah Kauman Wiradesa). (deposited 15 Apr 2025 06:20) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |