Korelasi Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam Dengan Sikap Toleransi Mahasiswa Tarbiyah PAI Angkatan 2012 STAIN Pekalongan

MAULA, ULFATUL (2015) Korelasi Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam Dengan Sikap Toleransi Mahasiswa Tarbiyah PAI Angkatan 2012 STAIN Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021111089 ULFATUL MAULA BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (11MB)
[img] Text
2021111089 ULFATUL MAULA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (27MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ULFATUL MAULA. 2015. Korelasi Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam Dengan Sikap Toleransi Mahasiswa Tarbiyah PAI Angkatan 2012 STAIN Pekalongan. Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S, PAI Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: Dra.Hj.Fatikhah,M.Ag. Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dan Sikap Toleransi. Skripsi yang berjudul "Korelasi Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam Dengan Sikap Toleransi Mahasiswa Tarbiyah PAI Angkatan 2012 STAIN Pekalongan" dilatarbelakangi oleh: Bahwa pembelajaran Sejarah Peradaban Islam pada mahasiswa Tarbiyah PAI sangatlah penting. Dengan pembelajaran Sejarah Peradaban Islam yang baik, akan menumbuhkan sikap toleransi. Terlebih lingkungan STAIN Pekalongan mahasiswanya memiliki organisasi dalam Islam yang berbeda-beda. Itulah yang terkadang memicu hubungan yang tidak harrnonis antar mahasiswa. Berdasarkan pemaparan diatas penulis memaparkan masalah yang diteliti : Bagaimana pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dan sikap toleransi mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan? Bagaiman korelasi antara pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dengan sikap toleransi mahasiwa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan? Dengan tujuan: Untuk mengetahui pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dan sikap toleransi mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan. Untuk mengetahui korelasi pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dengan sikap toleransi mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan dengan jumlah 36 mahasiswa. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi, angket, interview, dokumentasi dan dikuatkan dengan metode Fenomonologi. Basil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Sejarah Peradaban Islam mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan adalah Cukup, dengan hasil rata-rata 60,2. Sikap toleransi mahasiswa Tarbiyah PAI STAIN Pekalongan angkatan 2012 adalah Cukup, dengan hasil rata-rata 57,91. Setelah dilkonsultasikan dengan "r tabel, pada taraf signifikan 5 % diperoleh r tabel = 0,329 karena nilai r, = 0,464 maka r, > r tabel. Selanjutnya pada taraf signifikan 1 % diperoleh "r" tabel = 0,426, sedangkan nilai r, = 0,464 maka r, > r tabel. Dari hasil penelitian korelasi positif antara korelasi pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dengan sikap toleransi mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan (Bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dengan sikap toleransi mahasiswa Tarbiyah PAI angkatan 2012 STAIN Pekalongan).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHj. Fatikhah, Hj. FatikhahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Sejarah Peradaban Islam dan Sikap Toleransi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:57
Last Modified: 21 Aug 2025 04:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13131

Actions (login required)

View Item View Item