AINI, INA ROTUL (2025) Implementasi Program Jurnal Membaca Dalam Membentuk Budaya Gemar Membaca Pada Siswa Kelas IV Di SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321047_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321047_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2321047_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Budaya membaca merupakan kebiasaan membaca secara teratur. Pengembangan literasi sejak dini sangat penting karena merupakan fondasi utama bagi bangsa yang cerdas dan berbudaya. Meskipun nilai budaya literasi nasional mengalami peningkatan pada tahun 2022, angka tersebut belum cukup untuk menciptakan sumber daya yang berkualitas. Para guru di SD Muhammadiyah Kajen juga tidak mengetahui sejauh mana murid-murid mereka telah membaca buku, memahami isinya, atau membacanya dari awal hingga akhir. Sehingga, sekolah mengimplementasikan program jurnal membaca untuk meningkatkan budaya gemar membaca pada siswa di SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: bagaimana profil budaya membaca siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan?, bagaimana implementasi program jurnal membaca pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan?, dan bagaimana dampak implementasi program jurnal membaca pada siswa di SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan?. Berdasarkan penelitian tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi profil budaya membaca siswa, menganalisis implementasi program jurnal membaca pada siswa, menganalisis dampak program jurnal membaca pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, pustakawan, guru, siswa, dan orang tua siswa, serta pengamatan langsung pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah Kajen Pekalongan. Data sekunder atau tambahan dikumpulkan dari dokumentasi yang berkaitan dengan kegiatan program jurnal membaca. Untuk memastikan keabsahan data, digunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi metode, data, dan teori. Analisis data dilakukan melalui tiga langkah utama: penyaringan data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan akhir berdasarkan verifikasi data. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa:1) Minat dan kemampuan baca siswa dalam tingkatan sedang. Meskipun budaya membaca siswa secara umum menunjukkan perkembangan yang baik, minat dan kemampuan membaca siswa kelas IV masih perlu ditingkatkan; 2) Program jurnal membaca di SD Muhammadiyah Kajen telah dilaksanakan sesuai dengan tahap pembiasaan, pengembangan, dan pelaksanaan. Sekolah juga menggunakan sistem reward dalam menerapkan program jurnal membaca ini; 3) Dampak dari program jurnal membaca ini yaitu meningkatkan minat baca, pengetahuan dan berpikir siswa, prestasi belajar siswa, dan komunikasi anatara guru dan orang tua dalam memantau bacaan anak
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | budaya gemar membaca, program jurnal membaca, sekolah dasar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 May 2025 03:23 | ||||||||
Last Modified: | 16 May 2025 03:23 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |