Pengaruh Gaya Hidup, Media Sosial, dan Tingkat Pendapatan Ekonomi Orang Tua terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa IAIN Pekalongan Jurusan Ekonomi Syariah

Jannah, Vinaul (2021) Pengaruh Gaya Hidup, Media Sosial, dan Tingkat Pendapatan Ekonomi Orang Tua terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa IAIN Pekalongan Jurusan Ekonomi Syariah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013315512_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2013315512_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2013315512_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Era globalisasi mempermudah masyarakat untuk memperoleh suatu barang dan jasa dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Perkembangan teknologi dapat memberikan dampak dalam kehidupan masyarakat. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih akan memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi secara mudah dan cepat dalam memberikan pelayanan informasi terkait dengan kebutuhan masyarakat dalam melakukan tindakan ekonomi khususnya dalam konsumsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, media sosial, dan tingkat pendapatan ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi mahasiswa IAIN Pekalongan Jurusan Ekonomi Syariah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 95 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik Slovin. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi, nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05 dan t hitung (2,959) > t tabel (1,990), media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung (6,123) > t tabel (1,990), dan variabel tingkat pendapatan ekonomi orang tua juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung (6,215) > t tabel (1,990). Kemudian secara simultan gaya hidup, media sosial, dan tingkat pendapatan ekonomi orang tua juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi dengan nilai F hitung sebesar 117,036 > 2,70 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMa’shum, HafidzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Media Sosial, Tingkat Pendapatan Ekonomi Orang Tua, dan Perilaku Konsumsi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 28 Apr 2025 04:14
Last Modified: 28 Apr 2025 04:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13160

Actions (login required)

View Item View Item