Maula, Kholilatul (2025) Kemampuan Guru Dalam Penggunaan Media Audiovisual Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Xi G-L Man 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2120260_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2120260_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2120260_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kholilatul Maula. 2120260. 2025.Kemampuan Guru dalam Penggunaan Media Audiovisual Berbasis Canva pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI G-L MAN 1 Kota Pekalongan. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid. Nunung Hidayati, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Aplikasi Canva, Akidah Akhlak Guru memiliki kemampuan tersendiri dalam membimbing dan membina peserta didik. Diantara kemampuan yang diharapkan adalah mengawasi, membina, mengembangkan potensi peserta didik, baik individu maupun kelompok dengan jalan personal dan professional secara keseluruhan melalui media dan sumber belajar yang dipergunakan. Salah satu media yang bisa mengakomodasi peserta didik yaitu canva. Canva merupakan salah satu aplikasi yang memberikan alternatif kemudahan dalam mendesain. Dengan desain yang beragam dan menarik dari canva membuat proses pembelajaran menjadi tidak monoton dan membosankan. Salah satu mata pelajaran yang bisa diterapkan menggunakan aplikasi canva yaitu Akidah Akhlak. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan fokus penelitian yaitu pertama, bagaimana kemampuan guru dalam penggunaan media audiovisual berbasis canva pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI MAN 1 Kota Pekalongan?, kedua, Apa saja faktor pendukung dan penghambat kemampuan guru dalam penggunaan media audiovisual berbasis canva pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI G-L MAN 1 Kota Pekalongan?. Tujuan penelitian yaitu pertama, untuk mendeskripsiksan kemampuan guru dalam penggunaan media audiovisual berbasis canva pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI G-L MAN 1 Kota Pekalongan. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kemampuan guru dalam penggunaan media audiovisual berbasis canva pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI G-L MAN 1 Kota Pekalongan. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam penggunaan media audiovisual berbasis canva pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI G-L MAN 1 Kota Pekalongan antara lain, guru menggunakan media audiovisual, guru menerapkan aplikasi canva pada pembelajaran, fiturfitur yang digunakan pada aplikasi canva yaitu fitur PPT, poster, dan peta konsep. Faktor pendukung dan penghambat kemampuan guru dalam penggunaan media audiovisual berbasis canva pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI G-L MAN 1 Kota Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Guru, Aplikasi Canva, Akidah Akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2025 06:52 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jun 2025 06:52 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |