Alfiesyah, Emilia (2025) Dampak E-Commerce Dan Sertifikasi Halal Terhadap Peningkatan Penjualan Usaha Kuliner Di Kelurahan Proyonanggan Selatan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4120133_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4120133_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4120133_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
E-Commerce memiliki perkembangan yang cukup pesat di kalangan masyarakat, banyaknya perusahaan yang mempromosikan barang dagangannya melalui website atau sosial media. Contoh E-Commerce dalam bidang kuliner ialah GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood. Sertifikasi halal adalah surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di Indonesia. Sertifikasi ini menyatakan bahwa suatu produk, baik makanan, minuman, kosmetik, maupun obat-obatan, telah memenuhi syarat kehalalan sesuai dengan syariat Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak E-commerce dan sertifikasi halal terhadap peningkatan penjualan usaha kuliner di Kelurahan Proyonanggan Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel yang digunakan ialah 8 pelaku usaha kuliner yang telah menerapkan E-commerce serta memiliki sertifikasi halal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 8 usaha kuliner yang diwawancarai, terdapat 7 usaha kuliner yang mengalami peningkatan penjualan dilihat dari kenaikan omzet penjualan. Pemanfaatan E-commerce memberikan dampak positif terhadap peningkatan penjualan dengan memperluas akses pasar dan dapat membantu mempromosikan usaha kuliner. Sementara itu, sertifikasi halal tidak memberikan dampak terhadap peningkatan penjualan usaha kuliner di Kelurahan Proyonanggan Selatan. Kata kunci: E-commerce, Digital Marketing, Sertifikasi Halal, dan Perilaku Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | E-commerce, Digital Marketing, Sertifikasi Halal, dan Perilaku Konsumen | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 09 May 2025 07:40 | ||||||||
Last Modified: | 09 May 2025 07:41 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13192 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |