Implementasi metode qiroati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Baiturrohmah Desa Karangasem Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang

Fikri, Subkhan Syahidul (2020) Implementasi metode qiroati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Baiturrohmah Desa Karangasem Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi metode qiroati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Baiturrohmah Desa Karangasem Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengakuan dari beberapa masyarakat maupun lembaga pendidikan formal sekitar bahwa anak yang mengaji di TPQ Baiturrohmah desa Karangasem ini pasti bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di TPQ Baiturrohmah desa Karangasem. Rumusan masalah pada penelitian ini adalahBagaimana pelaksanaan pembelajaran baca Al-Qur’an dengan menggunakan metode qiroati di TPQ Baiturrohmah?, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran baca Al-Qur’an dengan menggunakan metode qiroati di TPQ Baiturrohmah?. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdenganjenispenelitianlapangan (field research).Pengumpulan data daripenelitianiniadalahdengancarawawancara, observasidandokumentasi, dengansubyekdansumberdatanyayaitukepalaTPQ Baiturrohmah, bendahara TPQ Baiturrohmah,ustad pengajarTPQ Baiturrohmah. Tehnikanalisisdatanyamenggunakantehnikdeskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode qiroati cukup kondusif walaupun masih ada beberapa kekurangan-kekurangan. Adapun metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an adalah metode qiroati dengan menggunakan beberapa tehnik dalam pembelajarannya seperti klasikal baca simak, klasikal individual, dan individual atau sorogan. Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Baiturrohmah desa Karangasem yaitu sarana dan prasarana yang memadai, dukungan dari pihak keluarga yang selalu memberikan bimbingan dan motivasi pada anak dan minat peserta didik untuk belajar membaca Al-Qur’an di TPQ Baiturrohmah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu Kemalasan peserta didik, kurangnya kedisiplinan dari siswa karena ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan dan bergurau sehingga pembelajaran terganggu, dan kurangnya tenaga pendidik, ustad yang mengajar di TPQ Baiturrohmah rata-rata masih bersekolah dan ketika tamat sekolah akan merantau ke luar kota sehingga meninggalkan kewajiban mengajar di TPQ Baiturrohmah desa Karangasem.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Qiroati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:03
Last Modified: 11 Jun 2021 03:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1323

Actions (login required)

View Item View Item