Sofiyah, Sofa (2019) Upaya guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP NU Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang upaya guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP NU BP Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan.Menurut informasi, SMP NU BP merupakan sekolah yang mempunyai perarturan yang ketat, namun masih terdapat beberapa siswa yang melanggar peraturan seperti membolos, tidak memakai atribu tsekolah, masuk kelas terlambat, mencontek saat ulangan, dengan peristiwa ini maka siswa memerlukan adanya pembinaan akhlak siswa terutama oleh guru PAI. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana akhlak siswa di SMP NU BP ?Bagaimana upaya guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP NU BP? Apa saja faktor mendukung dan menghambat guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP NU BP? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui akhlak siswa di SMP NU BP, mengetahui upaya guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP NU BP dan mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP NU BP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu di SMP NU BP dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif yang penulis mengambarkan fenomena-fenomena yang terjadi pada permasalahan yang diteliti.metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian upaya guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP NU BP yaitu pertama akhlak siswa di SMP NU BP sebagaian besar sudah baik akan tetapi masih terdapat beberapa siswa yang berakhlak tidak baik seperti membolos, terlambat, tidak memakai atribut sekolah, mencontek, dalam hal ini maka siswa memerlukan adanya pembinaan akhlak siswa terutamaoleh guru PAI, kedua upaya guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMP NU BP adalah dengan menasehati, membiasakan sholat sunnah dhuha berjamaah secara bergilir, sholat dhuhur berjamaah serta membiasakan salama npagi sebelum masuk kelas serta dengan pendekatan, selain itu pembinaan juga dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu metode dialog, kisahsertametodepembiasaan. Tujuan pembinaan akhlak siswa adalah untuk mengarahkan siswa supaya memiliki perilaku yang baik sehingga terbentuk lah akhlakul karimah. Ketiga faktor yang mendukung pembinaan akhlak siswa dibagi dua, faktor dari dalam yaitu adanya kemauand ari guru untuk membina dan adanya kemauan dari siswa untuk dibina, faktor dari luar yaita dan ya fasilitas, sarana dan prasarana yang menunjang pelaksanaan pembinaan akhlak siswa, faktor yang menghambat dibagi dua, faktor dari diri siswa yaitu keadaan psikis siswa yang berbeda-beda, faktor dari luar yaitu adanya pengaruh dari teman dan keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | : Guru PAI dan Membina Akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2021 03:03 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2021 03:03 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1324 |
Actions (login required)
View Item |