Penelitian tindakan kelas peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI materi al-qur’an dan hadis (surah at-tiin) melalui model problem based learning kelas iv SD Negeri Karanggedong Kecamatan Ngadirejo

Cahyoto, Gandi (2024) Penelitian tindakan kelas peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI materi al-qur’an dan hadis (surah at-tiin) melalui model problem based learning kelas iv SD Negeri Karanggedong Kecamatan Ngadirejo. [Research]

[img] Text
11. PTK_Gandi Cahyoto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang peneliti laksanakan di kelas IV SD Negeri Karanggedong Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung, didapatkan simpulan hasil penelitian yaitu penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat memecahkan permasalahan pembelajaran yang muncul sehingga hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Karanggedong dalam mata pelajaran PAI mengenai Al-Qur’an dan Hadis (Surah At-Tiin) dapat meningkat. Hal ini dapat dideskripsikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat membuat siswa lebih memahami materi, terlihat dari aktivitas belajar meningkat dan hasil belajar siswa juga meningkat. Hasil Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) telah memecahkan setiap permasalahan yang peneliti tulis. Dengan terselesaikannya permasalahan tersebut maka tujuan peneliti dalam penelitian tindakan kelas telah tercapai.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: tindakan kelas, al-qur'an, hadis, problem based learning
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 May 2025 05:53
Last Modified: 21 May 2025 05:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13245

Actions (login required)

View Item View Item