Cahyoto, Gandi (2024) Penelitian tindakan kelas peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI materi al-qur’an dan hadis (surah at-tiin) melalui model problem based learning kelas iv SD Negeri Karanggedong Kecamatan Ngadirejo. [Research]
![]() |
Text
11. PTK_Gandi Cahyoto.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
Abstract
Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang peneliti laksanakan di kelas IV SD Negeri Karanggedong Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung, didapatkan simpulan hasil penelitian yaitu penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat memecahkan permasalahan pembelajaran yang muncul sehingga hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Karanggedong dalam mata pelajaran PAI mengenai Al-Qur’an dan Hadis (Surah At-Tiin) dapat meningkat. Hal ini dapat dideskripsikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat membuat siswa lebih memahami materi, terlihat dari aktivitas belajar meningkat dan hasil belajar siswa juga meningkat. Hasil Penelitian Tindakan Kelas dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) telah memecahkan setiap permasalahan yang peneliti tulis. Dengan terselesaikannya permasalahan tersebut maka tujuan peneliti dalam penelitian tindakan kelas telah tercapai.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tindakan kelas, al-qur'an, hadis, problem based learning |
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | Nani Nuryani |
Date Deposited: | 21 May 2025 05:53 |
Last Modified: | 21 May 2025 05:53 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |