Humaeroh, Siti (2021) Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Inovasi Produk Terhadap Keuntungan Pengusaha Konveksi Desa Samong Kecamatan Ulujami Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4117211 - Bab1&5.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
4117211 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text
4117211 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Siti Humaeroh, 2021, Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Inovasi Produk Terhadap Keuntungan Pengusaha Konveksi di Desa Samong Kecamatan Ulujami Pemalang. Perkembangan industri usaha konveksi di Kecamatan Ulujami yang terdaftar di Disperindagkop Kabupaten Pemalang sebanyak 786 unit usaha produktif konveksi dengan jumlah tenaga kerja 5.426 orang. Usaha konveksi merupakan salah satu penopang perekonomian di Kecamatan Ulujami, melihat banyaknya usaha industri usaha konveksi yang telah berkembang baik skala kecil menengah maupun besar Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap keuntungan pengusaha konveksi Desa Samong Kecamatan Ulujami Pemalang, mengetahui pengaruh inovasi produk terhadap keuntungan pengusaha konveksi Desa Samong Kecamatan Ulujami Pemalang, dan untuk mengetahui pengaruh etika bisnis Islam dan inovasi produk terhadap keuntungan pengusaha konveksi Desa Samong Kecamatan Ulujami Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, populasi dari penelitian ini pengusaha konveksi Desa Samong dengan jumlah sampel sebanyak 63 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis melalui program SPSS 22. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa etika bisnis Islam berpengaruh sebesar 0,000 < 0,05 terhadap keuntungan. Inovasi produk tidak berpengaruh sebesar 0,920 > 0,05 terhadap keuntungan. Dalam uji koefisien determinasi (R ) diketahui bahwa etika bisnis Islam dan inovasi produk mempengaruhi keuntungan sebesar 54,2%. Sisanya dengan hasil 45,8% merupakan pengaruh dari variabel-variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. 2
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Inovasi Produk, Keuntungan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 22 May 2025 08:53 | ||||||||
Last Modified: | 22 May 2025 08:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |