Pengaruh partisipasi santri dalam pengajian kitab adab al-‘alim wa al-muta’allim terhadap etika menuntut ilmu di pondok pesantren Al-Masyhad Manba’ul Falah “WALI SAMPANG” Sampangan Pekalongan

Istiqomah, Najihatul (2020) Pengaruh partisipasi santri dalam pengajian kitab adab al-‘alim wa al-muta’allim terhadap etika menuntut ilmu di pondok pesantren Al-Masyhad Manba’ul Falah “WALI SAMPANG” Sampangan Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlaq), kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak, sertanilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat. Permasalahan etika tidak pernah berhenti di bicarakan terutama dalam dunia pendidikan. Karena bergnatinya zaman maupun perubahan IPTEK membuat kualitas etika generasi muda semakin menurun. Begitu halnya yang dirasakan oleh pondok pesantren Pondok Pesantren Al-Masyhad Manba’ul Falah “Wali Sampang”, yaitu sebagai suatu lembaga pendidikan di daerah Sampangan Kota Pekalongan yang berkecimpung dalam dunia pendidikan Agama Islam sejak tahun 1994. Berawal dari keprihatinan pesantren akan permasalah etika yang ada, maka pesantren sebagai penjunjung nilai-nilai etika atau adab tergerak untuk ikut andil dalam memperbaiki etika menuntut ilmu generasi muda,dengan salah satu upayanya adalah menekankan santri untuk aktif berpartisipasi dalam pengajian kitab Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim. Partisipasi santri sendiri merupakan keikutsertaan atau keterlibatan santri dalam kegiatan yang dilaksanakan dalam pengajian dengan wujud tingkah laku nyata yang merupakan totalitas dari suatu keterlibatan mental dan emosional santri sehingga mendorong mereka untuk memberikan kontribusi dan bertanggung jawab terhadap pencapaian suatu tujuan. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana partisipasi santri dalam pengajian kitab Adab al-‘Alim Wa al-Muta’allim di Pondok Pesantren al-Masyhad Manba’ulFalah “WaliSampang” Sampangan Pekalongan?, (2) Bagaimana etika menuntut ilmu di Pondok Pesantren al-Masyhad Manba’ul Falah “Wali Sampang” Sampangan Pekalongan ?,(3) Bagaimana pengaruh partisipasi santri dalam pengajian Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim Terhadap Etika Menuntut Ilmu Di Pondok Pesantren Al-Masyhad Manba’ul Falah “Wali Sampang” Sampangan Pekalongan?. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitiannya adalah kuantitatif. Adapun variabel independennya adalah partisipasisantridalampengajian kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim, sedangkan variabel dependennya adalahEtika MenuntutIlmu. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 santri yang terdiri dari santri putra dan putri. Kemudian metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, metode angket, dan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dengan metode analisis statistik regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh partisipasi santri dalam pengajian kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’allim dengan nilai rata-rata 51 masuk dalam rentang interval 51 – 54 dengan kategori cukup tinggi atau sedang, sedangkan etika menuntut ilmu diPondok Pesantren Al-Masyhad Manba’ul Falah “Wali Sampang” Sampangan Pekalonganmemiliki nilai rata-rata 48 masuk dalam rentang interval 47 – 49 dengan kategori cukup tinggi atau sedang. Selanjutnya hasil perhitungan statistik dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana menghasilkanpersamaan y ̂ =20,018 + 0,550 X. Untukhasil penghitungan t test = 4,230 dan t tabel dalam taraf signifikansi 1 % = 2,467. Dari sini dapat dirumuskan bahwa nilai t tes sebesar 4,230 > dari nilai t tabel sebesar 2,467, sehingga Ha diterima Ho ditolak. Sedangkan t tabel dalam taraf signifikansi 5 % = 2,048, maka dapat dirumuskan t tes sebesar 4,230 > dari nilai t tabel sebesar 2,048, sehingga Ha diterima Ho ditolak.Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa baik dalam taraf sifgnifikansi 1 % atau 5 % menunjukkan hasil Ha diterima Ho ditolak. Hasil koefisien determinasi (R2) dalam penelitian ini adalah 0,403 yang berada pada rentang nilai 0,40 - 0,70 menunjukkan bahwa partisipasi santri dalam pengajian kitab Adab al-Alim Wa al-Muta’allim dan etika menuntut ilmu di Pondok Pesantren Manba’ul Falah “Wali Sampang” Sampangan Pekalongan memiliki pengaruh yang cukup kuat sebesar 40,3 %. Jadi partisipasi santri dalam pengajian kitab Adab al-Alim Wa al-Muta’allim memberikan sumbangan peningkatan etika menuntut ilmu sebesar 40,3 %, sedangkan 59,7 %-nya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga dalam penelitian ini antara hipotesis yang diajukan dengan hasil penelitian membuahkan hasil yang sama, yaitu partisipasisantridalampengajian kitab Adab al-Alim Wa al-Muta’allim cukup berpengaruh terhadap etika menuntutilmu di Pondok Pesantren Manba’ul Falah “Wali Sampang” Sampangan Pekalongan”.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Etika
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:03
Last Modified: 11 Jun 2021 03:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1332

Actions (login required)

View Item View Item