Perilaku Konsumen Dalam Minat Pembelian Produk Batik Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Burhanudin, Burhanudin (2021) Perilaku Konsumen Dalam Minat Pembelian Produk Batik Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img] Text
2013214411 - Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2013214411 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2013214411 - Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Pasar tradisional merupakan jantung perekonomian antara penjual dan pembeli, di mana pasar merupakan tempat bertemunya antara penjual dan pembeli, pasar tradisional menjadi penyedia lapangan kerja yang besar bagi konsumen lokal. Sebagai pusat transaksi jual beli pasar tradisional menjadi tumpuan bagi UMKM di sekitarnya. Permasalahan muncul ketika salah satu narasumber memberikan keterangannya mengenai kondisi pada salah satu lapak tentang penurunan omset akibat relokasi Pasar Banjarsari, selain itu beberapa pedagang yang menempati lapak Pasar Banjarsari sebelumnya tidak meneruskan berdagang kembali pada lapak yang disediakan pemerintah yakni di Pasar Darurat Banjarsari. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian di mana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui keadaan dari objek penelitian yang dikaji. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif. Proses penyusunan data melalui berbagai sudut pandang yang berbeda, diperoleh dari hasil observasi dan dicek kebenarannya melalui wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi serta membuat kesimpulan agar dapat dipahami temuannya untuk dapat diinformasikan kepada pembaca. Tujuannya yakni untuk menjawab pertanyaan atau rumusan masalah yang menjadi kajian penelitian. Hasil penelitian menjelaskan bahwa perilaku konsumen dalam membeli pakaian batik di Pasar Darurat Banjarsari Kota Pekalongan di antaranya karena keinginan untuk tampil modern dan karena kebutuhan serta untuk terlihat modis di lingkungannya. Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen yang membeli pakaian batik di Kota Pekalongan di antaranya harga yang murah, kualitas yang baik dan gaya hidup

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGunawan, AdeUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pasar, Perilaku Konsumen dan Minat Beli Konsumen
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 23 May 2025 03:41
Last Modified: 23 May 2025 03:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13339

Actions (login required)

View Item View Item