Khafsoh, Siti (2021) Strategi Pemasaran UMKM Melalui Media Online (Studi Kasus Pada Batik Reza Desa Karanganyar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.
![]() |
Text
2013116370 - Bab1&5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2013116370 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2013116370 - Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dewasa ini teknologi mengalami perkembangan yang semakin pesat. Hal ini selaras dengan tingginya data pengguna internet. Diikuti pula dengan meningkatnya jumlah pelaku usaha UMKM di daerah-daerah. Semakin bertambahnya UMKM memicu pelaku usaha untuk menerapkan strategi agar dapat memanfaatkan peluang yang ada serta meminimalisir ancaman yang dapat menjatuhkan usaha. Salah satu strategi penting yang harus dimiliki agar tidak tertinggal adalah strategi pemasaran, khususnya strategi pemasaran online guna beradaptasi dengan perkembangan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran online yang dijalankan serta strategi alternatif pemasaran Batik Reza Desa Karanganyar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Pemilik usaha Batik Reza, bagian pemasaran online serta konsumen offline maupun online. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen Batik Reza, jurnal, buku, skripsi yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran melalui media online, Batik Reza memilih social media marketing (Telegram dan Whatsapp) dan marketplace (Shopee dan Lazada). Strategi pemasaran yang dijalankan melalui media online menjadi solusi atas permasalahan pemasaran yang telah dijalankan sebelumnya. Alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Batik Reza yakni customer relationship management untuk menunjang pemasaran secara online. Menjaga kualitas komunikasi dengan konsumen online tentu penting guna meningkatkan loyalitas dan kepercayaan dikarenakan antar penjual dan pembeli tidak melakukan interaksi secara langsung (tidak bertatap muka).
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : UMKM, Strategi Pemasaran, Media Pemasaran Online, Customer Relationship Manegement (CRM). | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 23 May 2025 06:18 | ||||||||
Last Modified: | 23 May 2025 06:18 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |