Ali, Mufti (2022) Implementasi Marketing Mix dalam Perspektif Etika Bisnis Islam untuk meningkatkan penjualan properti di PT. Difalindra cipta. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
![]() |
Text
4118103_Bab1&5.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
4118103_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Nama: Mufti Ali, NIM: 4118103 judul Skripsi: Implementasi Marketing Mix Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam untuk meningkatkan penjualan properti di PT. Difalindra cipta Strategi pemasaran yang tepat diperlukan untuk memenuhi tujuan perusahaan., dan dalam situasi ini manajer perlu mengembangkan bauran pemasaran yang sinkron satu sama lain. Tentu saja, sebuah perusahaan hams mempertimbangkan kebahagiaan pelanggan ketika pemasaran, oleh karena itu peningkatan kualitas layanan diharapkan sesuai dengan permintaan dan harapan pelanggan." Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi marketing mix dalam perspektif etika bisnis Islam di PT. Difalindra cipta. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian partisipatif, dimana proses pembelajaran kooperatif antara peneliti dan kelompok masyarakat digunakan untuk mengembangkan pemahaman kritis terhadap masalah yang ada sebagai wawasan barn dan diketahui oleh sebagian orang dan peneliti, Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi marketing mix dalam perspektif etika bisnis Islam, variabel marketing mix yang digunakan adalah product, price, place, dan promotion. Dalam penerapannya di PT. Difalindra Cipta, marketing mix yang digunakan sudah sesuai dengan perpektif etika bisnis Islam. Hal ini terbukti dari variabel product, PT. Difalindra Cipta hanya menjual produk halal sesuai dengan etika bisnis dalam Islam,serta bahan yang digunakan juga halal, dari variabel price, PT. Difalindra Cipta dalam menetapkan harga tidak mengambil keuntungan yang banyak. Dari harga bahan baku serta harga harga pembuatan PT. Difalindra Cipta hanya menambahkan margin yang tidak banyak, Dari variabel place, PT. Difalindra Cipta menyediakan tempat yang dapat digunakan oleh karyawan atau konsumen untuk melakukan ibadah, selain itu dalam hal tolong-menolong PT. Difalindra Cipta memberikan pekerjaan kepada masyarakat sekitar dan juga dalam hal mengambil bahan baku juga dari toko punya warga sekitar serta dalam hal memberikan pertolongan kepada konsumen yang memang rumahnya terkena banjir rob, dari variabel promotion, PT. Difalindra Cipta dalam melakukan promosi menggunakan dua media, yakni media sosial online dan media cetak. Media sosial online meliputi facebook, instagram, Tiktok dan website sedangkan media cetak meliputi banner, mmt, spanduk dan brosur. Setiap melakukan promosi PT. Difalindra Cipta selalu mengutamakan kejujuran dalam promosmya. Kata kunci : Marketing Mix, Etika Bisnis Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Marketing Mix, Etika Bisnis Islam | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.04092 Entrepreneurs/Entrepreneur, Wirausaha | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:59 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:59 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13363 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |