Pengaruh guru PAI terhadap motivasi siswa dalam belajar di SMP 02 Tirto

Izzati, Alfiana (2020) Pengaruh guru PAI terhadap motivasi siswa dalam belajar di SMP 02 Tirto. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Keharusan bagi guru adalah memiliki sikap dan kepribadian yang baik. sikap ini akan menumbuhkan rasa suka dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran. Rasa suka merupakan salah satu kunci bagi keberhasilan proses belajar. Pembelajaran tidak akan mampu mencapai hasil maksimal manakala para siswanya membenci kepada gurunya. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah: (1) Bagaimana kepribadian guru PAI di SMP 02 Tirto; (2) Bagaimana motivasi belajar di SMP 02 Tirto; (3) Seberapa besar pengaruh kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar di SMP 02 Tirto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian in iadalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif.Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII SMP 02 Tirto yang berjumlah 162. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah propotional random sampling.Banyaknya sampel yang digunakan adalah 40 siswa.Untukp engumpulan data yang digunakan metode angket dan dokumentasi.Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan perhitungan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tingkat Kepribadian Guru PAI kelas VII SMP 02 Tirto menunjukkannilai rata-rata sebesar 69,33% yang artinyabahwakepribadian guru PAI kelas VII SMP 02 Tirtotergolongkuat. 2) Tingkat motivasibelajarkelas VII SMP 02 Tirto 02Tirtomenunjukkannilai rata-rata sebesar 52,20% yang artinya bahwa motivasi belajar siswa kelas VII SMP 02 Tirto tergolong cukup. 3) Pengaruh kepibadian guru PAI secara persial terhadap motivasi belajar al-Qur’an kelas VII SMP 02 Tirto sebesar 11,7%. Sedangkan sisanya 88,3% dijelaskan oleh variabel lain diluar model yang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:03
Last Modified: 11 Jun 2021 03:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item View Item