Implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP) pada Siswa Kelas V di SD Islam 05 Pekalongan

Afifi, Nur (2020) Implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (PBP) pada Siswa Kelas V di SD Islam 05 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Globalisasi tidak hanya memberikan dampak positif terhadap perkembangan masyarakat, terutama terhadap anak-anak yang sedang dalam tahap perkembangan. Dampak negatif globalisasai erat kaitannya dengan perilaku anak di Indonesia. Remaja merupakan masa transisi dimana seseorang beranjak dan juga tumbuh dari anak menuju dewasa khususnya perubahan lingkungan dari anak ke remaja yang dihadapi oleh siswa kelas V. Perlunya penanaman nilai dan moral bangsa untuk meminimalisasi pengaruh negative globalisasi, salah satunya melalui lingkungan pendidikan formal. Sistem pendidikan dibawah naungan Kemendikbud mengeluarkan kebijakan berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia yaitu Permendikbud Nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti. Berdasarkan pada latar belakang tersebut maka permasalahan dan tujuan yang diambil adalah Implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti pada siswa kelas V di SD Islam 05 Pekalongan serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti pada siswa kelas V di SD Islam 05 Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dari hasil pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi permendikbud nomor 23 tahun 2015 pada siswa kelas v di SD Islam 05 Pekalongan menggunakan beberapa kebiasaan, diantaranya membiasakan 5s setiap pagi, membiasakan tadarus, membiasakan sholat bersama, upacara bendera, bakti sosial, kerja kelompok dengan menanam tumbuhan, membiasakan kebersihan, dan menumbuh kembangkan jiwa anak dengan kegiatan enterpreneuship yang disesuaikan dengan kebiasaan dan budaya sekolah. Dari kegiatan wajib dan pembiasaan untuk menumbuhkan budi pekerti pada siswa kelas V telah dilaksanakan dengan baik di SD Islam 05 Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
UNSPECIFIEDKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015, Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 04 Jun 2021 01:55
Last Modified: 04 Jun 2021 01:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1339

Actions (login required)

View Item View Item