Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan roti and cake dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Pada 1 Eka Bakery tambakroto Kecamatan Kajen)

Umah, Nur Izatul (2022) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan roti and cake dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Pada 1 Eka Bakery tambakroto Kecamatan Kajen). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2013116330_Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2013116330_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
2013116330_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Maraknya bisnis Roti dan cake (Bakery) sudah banyak, baik yang didesa maupun di sudut-sudut kota terutama tempat keramaian dengan konsep yang berbagai rmacam-macam. Bisnis 1 Eka Bakery adalah salah satu bentuk usaha yang sudah tidak asing lagi dan banyak para pesaing saat ini, banyaknya usaha Bakery yang tersebar diseluruh Indonesia, Desa Tambakroto Kecamatan Kajen menjadi salah satu tempat yang masyarakatnya juga mengembangkan usaha Bakery. 1 Eka Bakery juga bertempat bersih, harga terjangkau, tenaga kerja tetap dan produk berkualitas terutama kehalalannya terjamin, karena kebanyakan konsumen dari pecinta Bakery adalah kalangan umum dan 1 Eka Bakery merupakan salah satu usaha yang berdiri pada tahun 2015. Dijelaskan melalui data laporan keuangan dari 1 Eka Bakery bahwasanya penjualan mengalami penurunan akibat faktor cuaca, pandemik dan maraknya Bakery lama ataupun baru yang bermunculan . Jenis penelitian yang dilakukan oleh penelitian adalah penelitian lapangan (Field Research) artinya dalam penelitian ini diperoleh melalui studi lapangan dengan mengambil dari berbagai sumber literature yang terkait dengan rumusan masalah. Data primer adalah data yang diperoleh dari Pemilik 1 Eka Bakery Tambakroto Kecamatan Kajen dan Karyawan 1 Eka Bakery. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu data-data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat ditarik beberapa kesimpulan dalam strategi pemasaran dari 1 Eka Bakery yang di gunakan antara lain, melalui segmentasi pasar, tindakan menemukan target pasar, menetapkan posisi pasar, menentukan strategi harga dan menentukan strategi promosi. Strategi pemasaran 1 Eka Bakery dalam perspektif Islami sudah sesuaikan, dalam hal ini nilai-nilai karakteristik pemasaran islami sudah diterapkan, di antaranya Ketuhanan (Rabbaniyyah), Etis (Akhlak),Realistis (AlWaqi’iyyah) dan Humanistis (Al-Insaniyyah). Selain penerapan karakteristik pemasaran Islami 1 Eka Bakery juga mimiliki Etika bisnis Islami yang diterapkan adalah produk yang halal dan baik, produk yang memiliki potensi ekonomi atau keuntungan, produk dengan kualitas baik, produk berjumlah skala ekonomi dan sosial. Selain itu juga, terdapat tiga sifat- sifat yang diajarkan dalam Islam yang menjadi kunci sukses dalam berbisnis, yaitu shiddiq, tabligh, dan fathanah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMarlina, MarlinaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran, Strategi pemasaran Islami dan 1 Eka Bakery
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 27 May 2025 02:11
Last Modified: 27 May 2025 02:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13420

Actions (login required)

View Item View Item