Pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas vii Mts Ma’arif NU 04 Songgom Brebes

Hasanudin, Trio (2020) Pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas vii Mts Ma’arif NU 04 Songgom Brebes. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Perhatian orang tua menjadifaktor yang mempengaruhimotivasibelajar siswa sebab perhatian orang tua mampu mendorong seseorang untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajarnya. Orang tua yang mampu memperhatikan belajar anaknya dengan baik maka motivasi belajar anak akan baik begitu juga sebaliknya apabila orang tua tidak mampu mempertatikan anaknya maka motivasi belajar anak akan menurun.. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Seberapa besar pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTS Ma’arif NU 04 Songgom Lor Kec. SonggomKab. Brebes Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perhatian orang tua siswa kelas VII MTS Ma’arif NU 04 Songgom Lor Kec. Songgom Kab. Brebes, untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa kelas VII MTS Ma’arif NU 04 Songgom Lor Kec.Songgom Kab. Brebes, dan Untuk mengetahui bagaimana pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VII MTS Ma’arif NU 04 Songgom Lor Kec.Songgom Kab. Brebes. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif.Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah : metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa perhatian orang tua siswa kelas VII MTS Ma’arif NU 04 Songgom Brebes termasuk dalam kategori baik. Dimana diperoleh hasil perhitungan deskripsi presentase dengan nilai sebesar79,637%. Nilaitersebutberadapada interval 2240≤ skor ≤ 2912 yang masukdalamkategori baik.KemudianMotivasi belajarsiswakelas VIIMTS Ma’arif NU 04 Songgom Brebes diperoleh hasil perhitungan deskripsi presentase sebesar86,8%.Nilaitersebutberadapada interval 2912 ≤ skor ≤ 3584yang masukdalamkategori sangat baik.Perhatian orang tuamemiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajarsiswakelas VII MTS Ma’arif NU 04 Songgom Brebes, dibuktikan dari uji hipotesis menggunakan rumus analisis regresi linier sederhanadengan hasil perhitungan diperoleh nilai Y = 25,131+ 0,598x. Dapat diartikan nilai konstanta sebesar 25,131 menunjukkan bahwa jika tidak ada perhatian orang tua siswa maka motivasi belajar siswa kelas VII adalah 25,131. Sedangkan koefisien regresi sebesar 0,598 menunjukkan bahwa apabila perhatian orang tua siswabertambah atau mengalami peningkatan, maka setiap peningkatan atau penambahan tersebut akan mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas VII sebesar 0,598. Dari uji hipotesis didapatkan nilai F hitung= 91,071 hasil tersebut menunjukan bahwa pada taraf signifikansi 5% F hitung > F tabel,sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VIIMTS Ma’arif NU 04 Songgom Brebes. Dengan persentase pengaruh sebesar 62,1% dipengaruhi oleh perhatian orang tua, sedangkan 37,9% dipengaruhiolehfaktorlainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:04
Last Modified: 11 Jun 2021 03:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item