Eksperimentasi Penggunaan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Materi Perubahan Energi Di SD Negeri Pegandon

ATHIYAH, NURUL (2025) Eksperimentasi Penggunaan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas Iv Materi Perubahan Energi Di SD Negeri Pegandon. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2321104_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2321104_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2321104_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Media pembelajaran bertujuan mempermudah peserta didik mendapatkan keterampilan, konsep baru dan keahlian. Berdasarkan hal tersebut media yang digunakan dengan tepat, baik dan optimal bisa memperbaiki hasil pembelajaran peserta didik. Namun realitanya terdapat kesulitan pembuatan atau merancang media digital. Salah satunya kesulitan pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi digital. Guru mengalami beberapa kesulitan diantaranya seperti menggunakan perakat lunak dan juga keterbatasan waktu yang dimiliki. Media PhET dapat menjadi solusi dari permasalahan tersebut. PhET (Physics Education Technology) adalah laboratorium virtual menggunakan animasi dan interaksi lingkungan yang dapat membimbing peserta didik untuk menjelajahi pengalaman belajar. PhET dapat diakses dengan 65 bahasa berbeda. Laboratorium virtual PhET dapat diakses melalui website secara gratis. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hasil belajar kognitif peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media PhET dalam pembelajaran IPA materi perubahan energi. Selain itu juga menganalisis signifikansi perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media PhET. Beberapa penelitian yang relevan menyebutkan adanya perbedaan hasil belajar kognitif pada peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media PhET dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Desain penelitian ini adalah One group pretest-posttest. Penelitian dilakukan melalui tiga tahapan 1) sebelum dilakukan perlakuan variabel terikat diukur dengan diberikan pretest pada subjek 2) subjek penelitian diberikan perlakuan eksperimen, 3) setelah perlakuan variabel terikat diukur dengan diberikan posttest pada subjek. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara statistic menggunakan uji instrument tes, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah disebutkan, dapat disimpulkan nilai terendah pretest adalah 8,3 dan nilai tertinggi pretest adalah 74,7. Rata-rata dari hasil sebelum menggunakan media PhET (pretest) adalah 44,727. Sedangkan nilai terendah posttest adalah 33,2 dan nilai tertinggi adalah 91,3. Rata-rata dari hasil setelah menggunakan media PhET adalah 73,316. Perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media PhET dianalisis menggunakan uji paired sample t tes. Hasil uji paired sample t test yang menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3,066 > 0,68920 dan p-value (0,007) < α (0,05). Berdasarkan hasil analisis uji paired sampel t test tersebut maka diambil keputusan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya adanya perbedaan signifikansi rata-rata hasil belajar kognitif peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media PhET.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah GhanyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media PhET, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 03 Jun 2025 04:33
Last Modified: 03 Jun 2025 04:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13448

Actions (login required)

View Item View Item