Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pengusaha Muslim dalam Pendirian Coffee Shop di Pekalongan.

Kamelia, Munashifatul (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pengusaha Muslim dalam Pendirian Coffee Shop di Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

[img] Text
2013115267-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2013115267-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kamelia, Munashifatul 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pengusaha Muslim Dalam Pendirian Coffee Shop Di Pekalongan. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama SIlam Negeri Pekalongan. Kata Kunci: Faktor Pengambilan Keputusan, Pengusaha Muslim, Pendirian Coffee Shop, Minat Berwirausaha Keputusan seseorang dalam mendirikan sebuah bisnis/usaha pasti dilatarbelakangi oleh beberapa faktor-faktor pendukung. Begitu juga dengan maraknya coffee shop di Pekalongan belakangan ini khususnya di era pandemi dimana banyak pengusaha di industri serupa mengalami kesulitan atau bahkan sampai bangkrut. Hal ini pasti dilatarbelakangi oleh faktor-faktor pendukung pendirian coffee shop-coffee shop tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Apaa sajaa faktor-faktorr yang mempengaruhii keputusann pengusaha muslim dalam pendirian coffee shop di Pekalongan? 2) Apa saja kendala yang di alami oleh pengusaha muslim dalam pendirian coffee shop di Pekalongan? 3) Apa saja solusi dari kendala yang di alami oleh pengusaha muslim dalam pendirian coffee shop di Pekalongan? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Data diambil dari owner coffee shop Bingah Kopi, Pitu Coffee and Mates, Kebun Kita, Alesscow dan Tanda Tanya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Faktor keputusan pengusaha muslim yang diambil dalam mendirikan coffee shop sangat beragam. Motivasi, pendapatan, bakat, pendidikan, lingkungan keluarga dan modal berpengaruh terhadap keputusan pengusaha muslim dalam mendirikan coffee shop. Dan Lingkungan masyarakat, perizinan dan tren tidak berpengaruh terhadap keputusan pengusaha muslim dalam mendirikan coffee shop. Kendala yang dialami dalam menjalankan bisnis coffee shop didapatkan bahwa faktor pandemi menjadi kendala terbesar dalam mendirikan coffee shop maupun melanjutkan bisnis coffee shop ini. Faktor modal yang besar juga menjadi kendala bahwa memang harus mempunyai modal yang cukup. Faktor dari lokasi suatu tempat menjadi kendala yang tidak bisa dipungkiri. Adapula perizinan usaha ke dinas terkait termasuk rumit dalam mengurusnya

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorM. Nasrullah, M. NasrullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Faktor Pengambilan Keputusan, Pengusaha Muslim, Pendirian Coffee Shop, Minat Berwirausaha
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.04092 Entrepreneurs/Entrepreneur, Wirausaha
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 21 Aug 2025 05:02
Last Modified: 21 Aug 2025 05:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13469

Actions (login required)

View Item View Item