Strategi Pengembangan Bisnis dalam Perspektif Ekonomi Islam Studi Kasus Usaha Ternak Ayam Broiler di Desa Tragung Kabupaten Batang

Karisma, Mita (2022) Strategi Pengembangan Bisnis dalam Perspektif Ekonomi Islam Studi Kasus Usaha Ternak Ayam Broiler di Desa Tragung Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

[img] Text
2013116056 - Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2013116056 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

MITA KARISMA. Strategi Pengembangan Bisnis dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Usaha Ternak Ayam Broiler di Desa Tragung Kab. Batang) Bisnis adalah kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Barang dan jasa akan didistribusikan pada masyarakat yang membutuhkan, dari kegiatan distribusi inilah pelaku bisnis akan mendapatkan keuntungan atau profit. dalam Islam semua kegiatan manusia termasuk dalam melakukan usaha atau bisnis ada batasan yang diperbolehkan (Halal) dan yang tidak diperbolehkan (Haram). Penelitian dengan judul “Strategi Pengembangan Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Usaha Ternak Ayam Broiler Di Desa Tragung Kab. Batang)”, memiliki rumusan masalah Apa saja kendala yang dihadapi usaha ternak ayam broiler desa Tragung dalam mengembangkan usaha yang dijalankan, Bagaimana strategi pengembangan usaha yang dilakukan usaha ternak ayam broiler desa Tragung dalam meningkatkan perekonomian, Bagaimana pandangan Ekonomi Islam mengenai strategi pengembangan usahayang dilakukan usaha ternak ayam broiler desa Tragung. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Apa saja kendala yang dihadapi usaha ternak ayam broiler desa Tragung dalam mengembangkan usaha yang dijalankan, Untuk mengetahui strategi pengembangan usaha yang dilakukan usaha ternak ayam broiler desa Tragung dalam meningkatkan perekonomian, Untuk mengetahui pandangan Ekonomi Islam mengenai strategi pengembangan usaha yang usaha ternak ayam broiler desa Tragung lakukan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu data primer dan data sekunder yang didapat dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan usaha ternak ayam broiler desa Tragung sudah menerapkan Strategi Pengembangan usaha. dapat dilihat dari adanya strategi pengembangan usaha seperti berdaskan sikapnya meliputi: jujur, ikhlas, profesional, silaturrahmi, niat suci dan ibadah, dan menunaikan zakat, infaq, dan sadaqoh. dan berdasarkan proses yang terbebas dari keharaman meliputi proses produksi, pemasaran dan pendistribusian. Kata kunci: Strategi Pengembangan Usaha Islami, perekonomian, Wirausahawan muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIzza, MuhUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Usaha Islami, perekonomian, Wirausahawan muslim.
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338.04 Entrepreneurship/Kewirausahaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 21 Aug 2025 05:00
Last Modified: 21 Aug 2025 05:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13492

Actions (login required)

View Item View Item