Pengaruh Pelaksanaan Metode Diskusi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Ix A Dan Ix B Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Negeri Batang Kecamatan Subah

Kamelia, Hida (2025) Pengaruh Pelaksanaan Metode Diskusi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Ix A Dan Ix B Pada Mata Pelajaran Fikih Di Mts Negeri Batang Kecamatan Subah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120236_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120236_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2120236_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman adalah dengan menggunakan metode diskusi sebagai variasi dalam pembelajaran, yang dapat mendorong peningkatan motivasi belajar siswa. Dalam hal ini, metode diskusi berperan penting dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa MTs Negeri Subah Kecamatan Subah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pelaksanaan metode diskusi pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri Batang? (2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih? (3) Bagaimana pengaruh pelaksanaan metode diskusi terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri Batang? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan serta menggunakan metode quasi eksperimen dan desain nonequivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas: IXA (kelompok eksperimen) dan IXB (kelompok kontrol). Data dikumpulkan melalui tes tulis (pretest-posttest), angket, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan uji t dengan SPSS 16. Berdasarkan teknik analisis data menunjukkan bahwa nilai t hitung = 6,156 diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka HO ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara metode diskusi dengan metode pembelajaran konvensional dapat diartikan bahwa metode pembelajaran diskusi berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri Batang Kecamatan Subah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, Nalim197801052008011019-
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:57
Last Modified: 12 Jun 2025 01:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13519

Actions (login required)

View Item View Item