UNSPECIFIED (2020) Manajemen Kurikulum di SDIT LUQMAN AL-HAKIM Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (6MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Salah satu aspek dalam manajemen pendidikan yang sering disebut sebagai jantungnya pendidikan adalah kurikulum. Begitu pentingnya manajemen kurikulum dalam peningkatan kualitas pendidikan maka manajemen kurikulum harus dilaksanakan dengan baik dan dapat dicapai jika fungsi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dapat diimplementasikan dengan baik dan benar. Berdasarkan latar belakang tersebut, muncul sebuah rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana manajemen kurikulum di SDIT Luqman Al-Hakim Kota Pekalongan? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam mewujudkan manajemen kurikulum yang baik di SDIT Luqman Al-Hakim Kota Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikani: Manajemen kurikulum di SDIT Luqman Al-Hakim Kota Pekalongan serta Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam mewujudkan manajemen kurikulum yang baik di SDIT Luqman Al-Hakim Kota Pekalongan. Jenis penilitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, pendidik, peserta didik dan orang tua dari SDIT Luqman Al-Hakim Kota pekalongan. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumen atau arsip sekolah yang ada di SDIT Luqman Al-Hakim Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen kurikulum di SDIT Luqman Al-Hakim Kota Pekalongan sudah berjalan dengan baik sesuai dengan tiga tahapan manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam tahapan perencanaan dimulai dari menganalisis kebutuhan sekolah dan menampung apresiasi anggota sekolah. Dalam tahapan pelaksanaan kurikulum terdapat prosentase muatan pendidikan agama islam lebih tinggi, integrasi nilai-nilai pendidikan agama islam dalam perlajaran umum dan pengembangan program keagamaan. Dalam tahapan evaluasi menggunakan beberapa objek, teknik dan istrumen tergantung dengan apa yang dievaluasi seperti dimensi sikap, pengetahuan maupun keterampilan dan program khusus tahfidz. Faktor pendukung dalam mewujudkan manajemen kurikulum yang baik di SDIT Luqman Al-Hakim Kota Pekalongan adalah: guru berkualifikasi s-1, budaya religi guru dalam mengajar serta dukungan dan kerja sama dari orang tua. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang memadai, penyesuaian diri guru baru dalam proses pembelajaran dan kemampuan hafalan peserta didik yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kurikulum | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2021 06:31 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2021 06:31 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1352 |
Actions (login required)
View Item |