Analisis Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku Tuhan Ada Di Hatimu Karya Husein Ja’far Al-Hadar Dan Relevansiya Dalam Kehidupan Masyarakat Islam

Romansyah, Dani (2025) Analisis Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Buku Tuhan Ada Di Hatimu Karya Husein Ja’far Al-Hadar Dan Relevansiya Dalam Kehidupan Masyarakat Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121235_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (632kB)
[img] Text
2121235_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pada saat ini, penanaman akhlak semenjak dini begitu penting, mengingat banyaknya anak-anak muda muda bangsa ini melakukan pelanggaran-pelanggaran mulai dari tawuran antar pelajar, siswa melawan ke orangtua dan sebagainya. Zaman sekarang karakteristik akhlak tidak terlalu dihiraukan lagi oleh sebagian anak muda zaman sekarang, bahkan sebagian orang tua juga tidak menghiraukan hal tersebut itu dikarenakan karakteristik akhlak dalam islam semakin berkurang. Tanpa disadari, para generasi ini lemah akan ilmu pengetahuan akhlak, dan agama. Pentingnya peran orang tua sangat berpengaruh terhadap pendidikan nilai-nilai akhlak pada anak, yang artinya orang tua harus lebih memahami terlebih dahulu akhlak yang baik dan benar. Salah satu sarana pendidikan akhlak yang berbentuk bacaan adalah buku. Buku menyampaikan pesan yang sangat berharga untuk mengubah nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya, terutama dalam konteks pendidikan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis nilai pendidikan akhlak dalam buku “Tuhan Ada di Hatimu” karya Husein Ja’far Al-hadar dan mengetahui relevansi nilai pendidikan akhlak dalam buku “Tuhan Ada Di Hatimu” karya Husein Ja’far Al-Hadar dalam Kehidupan Masyarakat Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui metode dokumentasi. Yaitu Penelitian yang mengkaji berbagai bentuk dokumen seperti transkrip, catatan, buku, arsip, jurnal, video, dan sejenisnya. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi teori untuk memastikan bahwa analisis terhadap niali pendidikan akhlak dalam buku Tuhan Ada di Hatimu karya Husein Jafar Al-Hadar relevan serta berdasar pada pemahaman teoretis yang kuat. Sedangkan analisis datanya melalui analisis isi (content analysis) merupakan suatu metode penelitian yang menggunakan dokumen-dokumen yang akan diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai pendidikan akhlak yang disampaikan dalam buku tersebut tidak hanya ada, tetapi juga memiliki relevansi yang kuat dalam kehidupan masyarakat islam. Buku ini menekankan nilai-nilai seperti keikhlasan, kesabaran, kasih sayang, kejujuran dan lain-lain, sebagaimana diajarkan dalam Al-Quran dan Hadist. Buku ini mampu menjadi referensi tambahan dalam memperkuat pemahaman akhlak islam bagi pembaca, khususnya dalam konteks kehidupan masyarakat Islam yang dapat mendorong terbentuknya akhlak berbasis nilai-nilai ketuhanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyadi, Mokh. ImronUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Buku Tuhan Ada Di Hatimu, Relevansi Kehidupan Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:16
Last Modified: 11 Jun 2025 07:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13524

Actions (login required)

View Item View Item