Fijar Matahati, Suvita (2020) Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas III Di MI Ma’arif NU Banglarangan Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (6MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran seorang pendidik dituntut lebih aktif dan kreatif. Selain itu, dalam proses belajar mengajar dapat dikatakan baik jika guru menguasai bahan ajar serta menggunakan metode pembelajaran dengan tepat. Metode drill adalah salah satu metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, metode drill sering juga disebut metode latihan. Maka pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MI Ma’arif NU Banglarangan Kabupaten Pemalang melibatkan siswa untuk hafalan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi. Pelaksanaan metode drill yang sesuai dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa. Siswa yang aktif dan terus berlatih diharapkan mendapat hasil belajar yang baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan metode drill pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MI Ma’arif NU Banglarangan Kabupaten Pemalang ?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MI Ma’arif NU Banglarangan Kabupaten Pemalang ?, 3) Adakah pengaruh metode drill terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MI Ma’arif NU Banglarangan Kabupaten Pemalang ?. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel independennya adalah metode drill dan variabel dependennya adalah hasil belajar. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode observasi, dan metode dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumus analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat pelaksanaan metode drill sebesar 68,1%, berada pada garis interval 67–69 masuk pada kategori baik. Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sebesar 85,8%, berada pada garis interval 86–88 masuk pada kategori cukup baik. Hasil penelitian menunjuknan bahwa tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pelaksanaan metode drill terhadap hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III di MI Ma’arif NU Banglarangan Kabupaten Pemalang. Hal tersebut diketahui dari hasil perhitungan didapatkan hasil ttest lebih kecil dari ttabel yaitu sebesar 0,00025 < 2,006 maka H0 dterima dan Ha ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Drill, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Yanto Yanto |
Date Deposited: | 04 Jun 2021 06:45 |
Last Modified: | 04 Jun 2021 06:45 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1355 |
Actions (login required)
View Item |