Siroj, Mohamad (2025) Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Dalam Merealisasikan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Islamiyah Sapugarut Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50223001_Bab I dan Bab VII.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
50223001_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
50223001_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Evaluasi kinerja kepala sekolah memegang peranan krusial dalam memastikan efektivitas manajemen pendidikan dan tercapainya tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), terutama di lembaga pendidikan Islam seperti SMK Islamiyah Sapugarut, Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebutuhan untuk menganalisis secara mendalam bagaimana kinerja kepala sekolah berkontribusi dalam merealisasikan pembelajaran PAI yang efektif di sekolah tersebut, mengingat adanya berbagai kendala yang dapat menghambat efektivitas pembelajaran, seperti keterbatasan fasilitas dan variasi dalam metode pengajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini berfokus pada bagaimana implementasi dan efektivitas pembelajaran PAI di SMK Islamiyah Sapugarut, serta bagaimana evaluasi kinerja kepala sekolah dalam merealisasikan efektivitas pembelajaran PAI tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pembelajaran PAI, mengevaluasi efektivitas pembelajaran PAI, dan menganalisis kinerja kepala sekolah dalam merealisasikan efektivitas pembelajaran PAI di SMK Islamiyah Sapugarut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif dan merupakan penelitian lapangan (field research). Data primer dan sekunder dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu, sedangkan analisis data dilakukan melalui tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran PAI di SMK Islamiyah Sapugarut telah sistematis dan kontekstual, mengintegrasikan nilai Islam dalam kurikulum dan kegiatan sekolah, selaras dengan pendekatan konstruktivisme. Efektivitas pembelajaran PAI terlihat dari respons positif siswa terhadap metode interaktif, meskipun menghadapi tantangan waktu dan persepsi PAI sebagai pelengkap. Kinerja kepala sekolah dalam mendukung efektivitas PAI dinilai cukup baik, khususnya dalam kepemimpinan transformasional dan supervisi akademik, namun inovasi metode pembelajaran dan pelatihan guru perlu ditingkatkan. Kontribusi penelitian ini meliputi pengayaan khazanah keilmuan manajemen pendidikan Islam, rujukan praktis bagi kepala sekolah, dan dasar kebijakan peningkatan mutu PAI di SMK. Kebaruan penelitian terletak pada fokus evaluasi kinerja kepala sekolah terkait efektivitas PAI pada SMK Islamiyah Sapugarut dengan standar mutu pembelajaran PAI yang spesifik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Kinerja, Efektivitas Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jun 2025 06:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jun 2025 06:21 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |