‘Udhma, Nailil (2025) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Sholat Dhuha Di Kelas Viii A Smp Negeri 04 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2120206_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2120206_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
2120206_LampiranSkripsi.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya karakter siswa sehingga Pendidikan Agama Islam diperlukan dalam bidang pendidikan merupakan sumber benteng diri sendiri terhadap perkembangan zaman untuk terus taat kepada sang pencipta. Terutama bagi anak-anak usia sekolah yang masih mencari jati dirinya, dan takut terjerumus pada hal-hal negatif jika mereka tidak menerima Pendidikan Agama Islam. Sholat dhuha perlu diajarkan untuk anak SMP karena agar bisa menjadi pembiasaan yang baik memiliki karakter religius serta membentuk akhlakul karimah salah satunya dalam disiplin, dapat mengenal Allah dan menjaga ibadahnya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana implementasi (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi) Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa melalui sholat dhuha dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa melalui sholat dhuha di SMP Negeri 04 Kota Pekalongan. Dan tujuan penelitiannya yaitu untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius siswa melalui sholat dhuha dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan agama islam dalam membentuk karakter religius siswa di SMP Negeri 04 Kota Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi: kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius siswa melalui Sholat Dhuha di SMP Negeri 04 Kota Pekalongan berjalan dengan baik melalui 3 tahapannya yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun faktor pendukungnya adalah tenaga pendidik dan kependidikan yang menggiatkan membentuk karakter religius siswa melalui sholat dhuha ini, respon yang baik dari siswa, tersedianya sarana dan prasarana yang cukup dan memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran dan pemahaman siswa, rasa malas dan kurang motivasi, dan kurangnya pembiasaan dari lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, membentuk karakter religius siswa melalui sholat dhuha menjadikan siswa rajin menjalankan ibadah sunnah, mendekatkan diri kepada Allah swt. dan dapat menerapkan pembelajaran pendidikan agama islam di kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius, Sholat Dhuha. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jun 2025 07:56 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:56 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13569 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |