Implementasi Metode Index Card Match Dalam Pembelajaran Mufradat Kelas Vii Smp Islam Salakbrojo Kabupaten Pekalongan

Hadiq, Muhamad (2025) Implementasi Metode Index Card Match Dalam Pembelajaran Mufradat Kelas Vii Smp Islam Salakbrojo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2219020_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2219020_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2219020_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa pada mufradat dalam pelajaran bahasa Arab di SMP Islam Salakbrojo, yang disebabkan oleh kurangnya minat belajar dan rendahnya motivasi siswa. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan sebelumnya kurang menarik dan membuat siswa pasif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru menerapkan metode Index Card Match sebagai pendekatan aktif dan menyenangkan untuk meningkatkan penguasaan mufradat siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode index card match dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab siswa kelas VII SMP Islam Salakbrojo. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode index card match dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab siswa kelas VII SMP Islam Salakbrojo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data utama berasal dari guru bahasa Arab dan siswa kelas VII A, sedangkan data sekunder diperoleh dari literatur yang relevan. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Index Card Match dalam pembelajaran mufradat berjalan efektif. Siswa menjadi lebih aktif dan antusias, dan hasil belajar meningkat secara signifikan. Metode ini juga membantu membangun suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan. Faktor pendukung keberhasilan meliputi keterlibatan guru, kesiapan media pembelajaran, dan dukungan lingkungan kelas. Adapun faktor penghambat meliputi rendahnya kemampuan dasar membaca Arab dan kurangnya motivasi belajar sebagian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhan, Ali197706232009011008UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: metode index card match, mufradat, pembelajaran bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jun 2025 07:11
Last Modified: 18 Jun 2025 07:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13570

Actions (login required)

View Item View Item