Septiyaningrum, Risma (2025) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Mekarsari Kandeman Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2421069_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2421069_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2421069_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung padaanak usia dini dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) di kelompok B di TK Mekarsari, Kandeman, Batang. Mengembangkan menghitung adalah salah satu aspek penting dalam perkembangan kognitif anak yang perlu distimulasi sejak dini. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia dini kelompok B di TK Mekarsari Kandeman Batang? Bagaimana faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dalam mengembangkan kemampuan berhitung pada anak usia dini kelompok B di TK Mekarsari Kandeman Batang? Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian lapanan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan manajemen kelas dalam meningkatkan inovasi aktivitas belajar anak usia dini dengan menggunakan teknik fokus penelitian, data dan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi waktu, teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dalam pengembangan kemampuan berhitung, dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) anak-anak belajar bersama dalam bentuk berkelompok dan bisa berkerja sama dengan anak yang lain. Indikator dalam menstimulasi kemampuan berhitung dengan adanya implementasi model pembelajaran koooperatif tipe (TGT) dapat dijadikan alternatif metode pembelajaran yang menyenangkan dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini. Faktor pendukungnya yaitu dukungan dari kepala sekolah, kemampuan guru untuk implementasi model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dalam pengembangan kemampuan berhitung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berhitung, Tipe Teams Games Tournament, AUD | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2025 04:22 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jun 2025 04:22 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |