Ulya, Nurul (2025) Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas V Di MI Walisongo Pajomblangan 01. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321138_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (501kB) |
![]() |
Text
2321138_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
19 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (773kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecerdasan spiritual dalam proses belajar siswa. Kecerdasan spiritual yang baik diharapkan dapat mendukung siswa dalam proses belajar yang mana siswa bisa bertindak dan berperilaku dengan baik, sehingga dapat berimplikasi pada hasil belajar siswa. Selain itu mata pelajaran Akidah Akhlak juga memiliki peran dalam membentuk karakter dan moralitas siswa, yang mana juga ikut berkontribusi membentuk kecerdasan spiritual itu sendiri. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kecerdasan spiritual memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana kecerdasan spiritual siswa di kelas V MI Walisongo Pajomblangan 01. (2) Bagaimana hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa di kelas V MI Walisongo Pajomblangan 01. (3) Apakah kecerdasan spiritual siswa berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas V MI Walisongo Pajomblangan 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto, dengan pendekatan penelitian kuantitatif dan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh yakni seluruh siswa kelas V di MI Walisongo Pajomblangan 01 yang berjumlah 16 siswa. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data yakni observasi, angket, serta lembar butir tes dan non-tes. Sedangkan Teknik analisis data meliputi analisis validitas item, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan spiritual siswa kelas V di MI Walisongo Pajomblangan 01 tahun 2024/2025 tergolong sedang, dengan nilai tertinggi sebesar 153 dan nilai terendah 135 dengan nilai rata-ratanya sebesar 144. (2) Hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas V di MI Walisongo Pajomblangan 01 tahun 2024/2025 tergolong sedang, dengan nilai tertinggi sebesar 100 dan nilai terendah 75 dengan nilai rata-ratanya sebesar 90. (3) Kecerdasan spiritual berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V di MI Walisongo Pajomblangan 01 tahun 2024/2025 dengan nilai signifikan 0,000 yang berarti nilai signifikansi kurang dari 0,05 di mana taraf pengaruhnya mencapai 67,6%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Spiritual, Hasil Belajar, dan Akidah Akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:16 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jun 2025 07:16 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13578 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |