Implemetasi metode bercerita dalam menstimulasi kemampuan menyimak pada anak usia dini di TK Muslimau NU Babalanlor Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan

Khoirina, Nisa Urrahma (2025) Implemetasi metode bercerita dalam menstimulasi kemampuan menyimak pada anak usia dini di TK Muslimau NU Babalanlor Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2421067_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (942kB)
[img] Text
2421067_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2421067_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode bercerita memiliki banyak manfaat karena dapat menarik perhatian anak, menumbuhkan kreativitas, dan meningkatkan pemahaman dan menginterpretasikan informasi yang didengarnya. Kemampuan menyimak anak harus dilatih sejak dini karena merupakan komponen penting untuk memenuhi kebutuhan imajinasi anak tentang berbagai ide yang selalu muncul di pikiran mereka. Namun, masih rendahnya kemampuan menyimak anak yang ditunjukkan oleh kurangnya perhatian anak saat guru bercerita, seringnya ketidakmampuan anak untuk mengingat cerita, dan sedikit respons verbal yang diberikan anak setelah kegiatan menyimak. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka tujuan penelitian yaitu sebagai berikut: Untuk mendeskripsikan implementasi metode bercerita dalam menstimulasi kemampuan menyimak pada anak usai dini di TK Muslimat NU Babalanlor dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi metode bercerita dalam menstimulasi kemampuan menyimak pada anak usai dini di TK Muslimat NU Babalanlor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi metode bercerita dalam menstimulasi kemampuan menyimak pada anak usai dini dengan menggunakan teknik fokus penelitian, data dan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, teknik keabsahan data yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi waktu, teknik analisis data yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode bercerita digunakan yaitu pemilihan tema cerita, guru menentukan waktu cerita, pemilihan alat peraga, dan penyampaian cerita. Indikator dalam menstimulasi kemampuan menyimak yaitu anak mampu menceritakan kembali informasi yang didengar dengan urutan yang jelas, menerapkan aturan dalam kegiatan belajar, mengutamakan perhatian dalam mengikuti kegiatan belajar, dan memahami dengan baik saat guru membacakan cerita. Faktor pendukungnya yaitu dukungan dari kepala sekolah, kemampuan guru dalam menyampaikan materi, dan minat belajar anak. Faktor penghambat dalam menstimulasi kemampuan menyimak pada anak adalah kurangnya fasilitas yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDyah K, Putri RahadianUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita, kemampuan menyimak, anak usia dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:48
Last Modified: 14 Oct 2025 02:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13585

Actions (login required)

View Item View Item