Implementasi Program Pembiasaan Keagamaan Dalam Rangka Pembinaan Karakter Religius Siswa Di Mts NU Tirto Pekalongan

SALSABILA, SALSABILA (2025) Implementasi Program Pembiasaan Keagamaan Dalam Rangka Pembinaan Karakter Religius Siswa Di Mts NU Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121058_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121058_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121058_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Karakter religius merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan individu yang perlu ditanamkan sejak dini, terutama di lingkungan pendidikan formal. Namun, realitas di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang mengalami penurunan nilai-nilai religius, seperti kurangnya sikap kejujuran dalam mengerjakan tugas, kurangnya kedisiplinan, dan rendahnya minat terhadap pembelajaran keagamaan, khususnya dalam membaca Al-Qur’an. Berdasarkan observasi di MTs NU Tirto Pekalongan, ditemukan berbagai permasalahan terkait perilaku siswa yang menunjukkan lemahnya implementasi nilai religius dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang terstruktur untuk memperkuat nilai-nilai religius melalui program pembiasaan keagamaan yang dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah: (1) Bagaimana implementasi program pembiasaan keagamaan dalam rangka pembinaan karakter religius siswa di MTs NU Tirto Pekalongan? dan (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program pembiasaan keagamaan tersebut?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi program pembiasaan keagamaan dalam rangka pembinaan karakter religius siswa di MTs NU Tirto Pekalongan serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode lapangan melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas data primer yang diperoleh langsung dari kepala madrasah, wakil kepala kesiswaan, guru keagamaan, dan siswa, serta data sekunder yang berasal dari buku, jurnal, skripsi, dan dokumen sekolah. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif melalui tiga tahapan, yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pembiasaan keagamaan di MTs NU Tirto dilakukan melalui kegiatan rutin seperti doa pagi, pembacaan asmaul husna, selawat, salat dhuha dan salat zuhur berjemaah, tadarus Al-Qur’an, kajian kitab, pembelajaran syi’ir akhlak, syi’ir fikih, serta kegiatan ekstrakurikuler seperti rebana dan tilawatil qur’an. Kegiatan ini secara bertahap mampu menumbuhkan nilai-nilai karakter religius siswa, di antaranya nilai ibadah, akhlak mulia, kedisiplinan, ruhul jihad, keikhlasan, amanah, serta pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung program ini meliputi kompetensi guru, antusiasme dan motivasi siswa, serta sinergi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Sementara, hambatan yang dihadapi antara lain kondisi cuaca, keterbatasan sarana prasarana, dan kurangnya ketertiban siswa ketika hendak pelaksanaan kegiatan. Secara keseluruhan, program pembiasaan keagamaan di MTs NU Tirto memberikan kontribusi nyata dalam memperkuat karakter religius siswa secara holistik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrayogi, ArdityaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pembiasaan keagamaan, pembinaan, karakter religius
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jun 2025 07:48
Last Modified: 17 Jun 2025 07:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13594

Actions (login required)

View Item View Item