Implementasi Pendidikan Karakter Reiligius melalui Pembiasaan Tahlil di Kelas V MI Ma’arif NU Kebandungan Bodeh Pemalang

Atfiani, Sifa Nur (2025) Implementasi Pendidikan Karakter Reiligius melalui Pembiasaan Tahlil di Kelas V MI Ma’arif NU Kebandungan Bodeh Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318137_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2318137_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2318137_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan memegang peran penting dalam membentuk karakter peserta didik, tidak hanya dari aspek pengetahuan, tetapi juga sikap dan nilai religius. Salah satu bentuk implementasinya adalah melalui kegiatan pembiasaan keagamaan di madrasah. MI Ma’arif NU Kebandungan Bodeh Pemalang menerapkan pendidikan karakter religius melalui kegiatan tahlil yang dilakukan secara bergiliran oleh siswa kelas V di rumah masing-masing. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter religius melalui pembiasaan tahlil di kelas V MI Ma’arif NU Kebandungan Bodeh Pemalang? dan 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi pendidikan karakter religius melalui pembiasaan tahlil di kelas V MI Ma’arif NU Kebandungan Bodeh Pemalang?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter religius melalui pembiasaan tahlil di kelas V MI Ma’arif NU Kebandungan Bodeh Pemalang dan menganalisis faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan kepala madrasah, gurukelas V dan perwakilan siswa kelas V, serta observasi di MI Ma’arif NU Kebandungan Bodeh Pemalang. Data sekunder diperoleh dari dokumentasi terkait pendidikan karakter religius. Keabsahan data divalidasi melalui triangulasi teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan serta melalui triangulasi sumber yaitu kepala madrasah, guru kelas V, dan perwakilan siswa kelas V. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan tahlil di kelas V MI Ma’arif NU Kebandungan dilakukan secara terstruktur melalui penyusunan jadwal bersama guru, siswa, dan orang tua, penetapan tujuan pembentukan karakter keimanan, koordinasi antarguru, serta pemberian pedoman tata cara tahlil. Kegiatan rutin ini dilaksanakan setiap Sabtu malam di rumah siswa secara bergiliran dengan dukungan aktif dari seluruh pihak. Evaluasi dilakukan bersama guru, siswa, dan orang tua melalui laporan berkala, menunjukkan perubahan sikap positif siswa dan penguatan karakter religious, dan 2) Faktor pendukung dalam keberhasilan program ini yaitu antusiasme siswa, dukungan orang tua, dan kekompakan guru, sedangkan faktor penghambatnya meliputi kurangnya kedisiplinan, kendala geografis dan cuaca, serta keterbatasan peran keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Karakter Religius. Pembiasaan Tahlil
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 19 Jun 2025 05:00
Last Modified: 19 Jun 2025 05:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13603

Actions (login required)

View Item View Item