Strategi Pemasaran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Menghadapi Dinamika Kompetisi Finansial (Studi Kasus Pada LKMS Kasuwari Pekalongan).

Konsista, Miftah (2025) Strategi Pemasaran Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Menghadapi Dinamika Kompetisi Finansial (Studi Kasus Pada LKMS Kasuwari Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221124_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (626kB)
[img] Text
4221124_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
19 LAMPIRAN(2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Di Kota Pekalongan, telah banyak berdiri lembaga keuangan syariah yang menyediakan berbagai layanan pembiayaan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Fakta-fakta yang terlihat dibidang ini memperjelas bahwa banyak pesaing di lembaga keuanga di daerah Kota Pekalongan. Latar belakang ini menunjukan pentingnya penerapan strategi pemasaran yang tepat bagi lembaga keuangan mikro syariah untuk tetap relevan dan kompetitif dalam menghadapi dinamika kompetisi fiansial yang terus berkembang dilembaga keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pemasaran yang diterapkan oleh LKMS Kasuwari dalam menghadapi dinamika kompetisi finansial dan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas strategi pemasaran LKMS Kasuwari dalam menghadapi dinamika kompetisi finansial. Penerapan strategi yang diterapkan LKMS Kasuwari yaitu menggunakan bauran pemasaran 7P atau marketing mix. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan manager, tim pemasaran dan nasabah LKMS Kasuwari. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpalan data, reduksi data, dan penyajian data. Teknik data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh LKMS Kasuwari dalam menghadapi dinamika kompetisi finansial yaitu dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) 7P (price, product, promotion, poeple, process, place, physical evidance. Hasil temuan dari penerapan startegi 7P yang dilakukan oleh LKMS Kasuwari, strategi yang paling kuat dan dinilai mampu menghadapi dinamika kompetisi finansial yaitu strategi process (proses). Hal tersebut berbeda dengan penelitian Rizky Fachrul Rozi (2022) yang mengatakan bahwa yang paling kuat dan dinilai mampu menghadapi dinamika kompetisi finansial yaitu strategi price (harga ). Efektivitas strategi pemasaran yang diterapkan oleh LKMS Kasuwari berdasarkan data yang dilihat sudaha efektif. Hal tersebut bisa dilihat dari keadaan finansial yang bagus, tata kelola yang akuntabilitas dan transaparan, terdapat regulasi, dan adanya layanan mobile yang mendukung. Namun dari data perkembangan jumlah karyawan, perkembangan jumlah nasabah pembiayaan, perkembangan jumlah nasabah tabungan mengalami cenderung penurunan. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Kasuwari. Marketing mix ABSTRACT MIFTAH KONSISTA. Marketing Strategy of Sharia Microfinance Institutions in Facing the Dynamics of Financial Competition (Case Study on LKMS Kasuwari Pekalongan). In Pekalongan City, there are many Islamic financial institutions that provide various financing services in accordance with Islamic sharia principles. The facts seen in this field make it clear that there are many competitors in financial institutions in the Pekalongan City area. This background shows the importance of implementing the right marketing strategy for Islamic microfinance institutions to remain relevant and competitive in the face of the dynamics of financial competition that continues to grow in financial institutions. The purpose of this study is to determine the application of marketing strategies applied by LKMS Kasuwari in facing the dynamics of financial competition and aims to determine the extent to which the effectiveness of LKMS Kasuwari's marketing strategies in facing the dynamics of financial competition. The application of the strategy applied by LKMS Kasuwari is using the 7P marketing mix or marketing mix. This research is a qualitative research with descriptive method. The type of data used is primary data obtained through direct interviews with the manager, marketing team and LKMS Kasuwari customers. Data analysis techniques are carried out by collecting data, reducing data, and presenting data. Data techniques using source triangulation and method triangulation The results of this study indicate that the marketing strategy applied by LKMS Kasuwari in facing the dynamics of financial competition is by using the 7P marketing mix (price, product, promotion, people, process, place, physical evidance). The findings of the application of the 7P strategy carried out by LKMS Kasuwari, the strategy that is the strongest and considered capable of facing the dynamics of financial competition is the process strategy. This is different from the research of Rizky Fachrul Rozi (2022) which says that the strongest and most capable of facing the dynamics of financial competition is the price strategy. The effectiveness of the marketing strategy implemented by LKMS Kasuwari based on the data seen is effective. This can be seen from the good financial condition, accountability and transparency of governance, regulations, and the existence of supporting mobile services. However, from the data on the development of the number of employees, the development of the number of financing customers, the development of the number of savings customers has tended to decline. Keywords : Marketing Strategy, Islamic Microfinance Institutions, Kasuwari.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsmanto, KuatUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Kasuwari. Marketing mix
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 18 Jun 2025 03:21
Last Modified: 18 Jun 2025 03:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13616

Actions (login required)

View Item View Item