Hardiyanto, Rijal (2025) Pengaruh Kualitas Produk, KualitasPelayanan, Dan Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Bank Syariah Indonesia(Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Indonesia Cabang Pekalongan Pemuda). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4220092_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (613kB) |
![]() |
Text
4220092_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
20 LAMPIRAN(2).pdf Download (434kB) |
Abstract
ABSTRAK RIJAL HARDIYANTO. Pengaruh Kualitas Produk, KualitasPelayanan, Dan Relationship Quality Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Bank Syariah Indonesia(Studi Kasus Pada PT Bank Syariah Indonesia Cabang Pekalongan Pemuda) Sangatlah penting bagi bank-bank syariah untuk memahami strategi yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan dari sektor jasa yang semakin bergejolak.Untuk menarik dan mempertahankan konsumen, penyedia layanan seperti bank syariah perlu menawarkan layanan berkualitas tinggi dan terstandardisasi. Persaingan yang semakin ketat di sektor perbankan syariah mendorong terciptanya pengalaman nasabah yang baru dalam bentuk menjunjung tinggi loyalitas nasabah, mentransformasi sistem, dan menyediakan layanan yang sesuai dengan harapan. Loyalitas nasabah merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan perbankan syariah, dan semakin sulit untuk dipertahankan seiring dengan semakin ketatnya persaingan. Dalam lingkup perbankan syariah, mengembangkan identitas merek, menyediakan layanan dan produk berkualitas tinggi, serta memanfaatkan perbankan digital sangat penting untuk memenuhi ekspektasi konsumen, menumbuhkan loyalitas nasabah, dan memberikan alternatif bagi persaingan yang semakin ketat di sektor perbankan syariah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional dengan menerapkan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengkaji sejauh mana ketiga variabel independen tersebut dapat meningkatkan loyalitas nasabah yang merupakan salah satu indikator keberhasilan jangka panjang bagi lembaga keuangan syariah. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi strategi pemasaran dan peningkatan kualitas pelayanan serta hubungan di indsutri perbankan syariah.Populasi dalam penelitian ini yaitu Nasabah BSI Pekalongan Cabang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa penyebaran kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 102 responden dan mengunakan rumus slovin dalam menentukan jumlah sampel, kemudian sampel diambil menggunakan metode random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa melalui metode SEM-PLS memperoleh hasil bahwa (1) Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah dengan nilai t-statistic sebesar 3,312 dan nilai p-value sebesar 0,008. (2)Kualitas Pelayanantidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah dengan nilai t-statistic sebesar1,412 dan nilai p-value sebesar 0,159. (3) Relationship Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Nasabah dengan nilai t-statistic sebesar 2,264 dan nilai p-value sebesar 0,024. (4) Religiusitas memoderasi hubungan antara Kualitas Produk terhadap Loyalitas Nasabah dengan nilai t-statistic sebesar 2,064 dan nilai p value 0,041.(5) Religiusitas memoderasi hubungan antara Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah dengan nilai t-statistic sebesar 2,669 dan nilai p value 0,008. (6) Religiusitas memoderasi hubungan antara Relationship Quality terhadap Loyalitas Nasabah dengan nilai t-statistic sebesar 2,537 dan nilai p value 0,012. Kata Kunci :Kualitas Produk, KualitasPelayanan, Relationship Quality, Loyalitas Nasabah, Religiusitas. ABSTRACT RIJAL HARDIYANTO. The Effect Of Product Quality, Service Quality, And Relationship Quality On Customer Loyalty With Religiosity As A Moderating Variable At Bank Syariah Indonesia (Case Study at PT Bank Syariah Indonesia Pekalongan Pemuda Branch) It is essential for Islamic banks to understand the right strategies to maximize profits from the increasingly volatile service sector. To attract and retain consumers, service providers such as Islamic banks need to offer high-quality and standardized services. The increasing competition in the Islamic banking sector encourages the creation of new customer experiences in the form of upholding customer loyalty, transforming systems, and providing services that meet expectations. Customer loyalty is very important for the sustainability of Islamic banking, and is increasingly difficult to maintain as competition intensifies. In the scope of Islamic banking, developing a brand identity, providing high-quality services and products, and utilizing digital banking are essential to meet consumer expectations, foster customer loyalty, and provide an alternative to the increasingly fierce competition in the Islamic banking sector. This type of research is correlational research by applying a quantitative approach. This study examines the extent to which the three independent variables can increase customer loyalty, which is one of the indicators of long-term success for Islamic financial institutions. The findings of this study are expected to contribute to marketing strategies and improving the quality of service and relationships in the Islamic banking industry. The population in this study is BSI Pekalongan Branch Customers. The data collection technique in this study was in the form of distributing questionnaires using a sample of 102 respondents and using the slovin formula in determining the number of samples, then the sample was taken using the random sampling method. The results of this study indicate that through the SEM-PLS method, the results obtained are that (1) Product Quality has a positive and significant effect on Customer Loyalty with a t-statistic value of 3.312 and a p-value of 0.008. (2) Service Quality does not have a significant effect on Customer Loyalty with a t-statistic value of 1.412 and a p-value of 0.159. (3) Relationship Quality has a positive and significant effect on Customer Loyalty with a t-statistic value of 2.264 and a p-value of 0.024. (4) Religiosity moderates the relationship between Product Quality and Customer Loyalty with a t-statistic value of 2.064 and a p-value of 0.041. (5) Religiosity moderates the relationship between Service Quality and Customer Loyalty with a t-statistic value of 2.669 and a p-value of 0.008. (6) Religiosity moderates the relationship between Relationship Quality and Customer Loyalty with a t-statistic value of 2.537 and a p value of 0.012. Keywords: Product Quality, Service Quality, Relationship Quality, Customer Loyalty, Religiosity
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Produk, KualitasPelayanan, Relationship Quality, Loyalitas Nasabah, Religiusitas. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 09 Jul 2025 04:11 | ||||||||
Last Modified: | 09 Jul 2025 04:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |